Pantau Flash
2.345 Orang di China Meninggal Akibat Virus Korona
Jubir Presiden Jokowi Evakuasi WNI dari Yokohama Segera Dilakukan
PGRI Ungkap Pentingnya Pendidikan Moral Pancasila Dihidupkan Kembali
Kemenkes Khawatir WNI di Diamond Princess Terjangkit Korona Tanpa Gejala
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik

Bank Sentral Prancis: Mata Uang Digital Tidak Bisa Diterbitkan Swasta

Bank Sentral Prancis: Mata Uang Digital Tidak Bisa Diterbitkan Swasta Gubernur bank sentral Prancis, Bank of France (BOF) Francois Villeroy de Galhau. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Mata uang digital dapat berguna karena transaksi tunai berkurang di beberapa negara, tetapi bank-bank sentral harus bertanggung jawab menerbitkannya, bukan perusahaan-perusahaan swasta, Gubernur bank sentral Prancis (BOF) Francois Villeroy de Galhau mengatakan pada Sabtu (25/1/2020).

Didorong oleh meningkatnya mata uang kripto dan rencana Facebook untuk meluncurkan mata uang Libra-nya, bank-bank sentral di seluruh dunia sedang mencari kemungkinan mengeluarkan mata uang digital untuk mencegah hilangnya kontrol negara atas uang.

Baca juga: Koreksi Mata Uang Regional, Rupiah Melemah

Villeroy mengatakan proposal itu bukan reaksi terhadap rencana Facebook, melainkan menanggapi teknologi yang berkembang cepat dan kebutuhan beberapa bank untuk mata uang digital. Dia menambahkan bahwa warga negara juga dapat mulai menginginkan alternatif untuk uang tunai.

“Di beberapa negara Eropa utara, terutama Swedia dan Belanda, penggunaan uang kertas turun sangat cepat dan mereka bertanya-tanya apakah kita perlu memberi warga negara hak atas uang digital yang bukan lagi uang kertas fisik tetapi yang memiliki kualitas, terutama keamanan bank sentral," katanya kepada radio France Inter.

Baca juga: Bank Indonesia Terima Penukaran Uang Rusak Akibat Banjir

Ditanya apakah uang digital semacam itu bisa dikeluarkan oleh perusahaan swasta, Villeroy mengatakan "mata uang tidak bisa swasta, uang adalah barang publik kedaulatan".

Dia menambahkan bahwa bank-bank sentral sedang merencanakan eksperimen dengan uang digital dan bahwa masalah tersebut akan dipelajari oleh bank-bank sentral zona euro Eurosystem.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ekonomi

Berita Terkait: