Pantau Flash
Perusahaan Asuransi Mendata Klaim Banjir Jakarta
Kapal Berkecepatan 40 Knot Disiagakan TNI di Pulau Sebaru Jaga WNI
Yasonna Sebut Telah Kantongi Nama Dirjen PAS Baru
Mahfud MD: Tidak Ada Kontradiksi Agama dan Pancasila!
Wakil Presiden Iran Masoumeh Ebtekar Positif Terinfeksi Korona

Forbes Rilis 10 Orang Terkaya di Indonesia, Bos Djarum Tetap di Urutan Atas

Headline
Forbes Rilis 10 Orang Terkaya di Indonesia, Bos Djarum Tetap di Urutan Atas Ilustrasi orang terkaya di Indonesia. (Foto: IST)

Pantau.com - Pada bulan Desember 2019, Forbes secara resmi merilis daftar deretan orang terkaya di Indonesia. Dalam daftar itu, tak ada nama baru untuk urutan 10 besar, namun yang berbeda hanya posisi urutan alias ranking saja.

Bisa dibilang, jumlah harta para miliarder ini bertambah menjadi lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya. Nah, kira-kira ada nama siapa saja yang tercantum sebagai orang terkaya?

Baca juga: Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia Sebelum Merdeka

Sobat pantau pasti penasaran terkait sepak terjang mereka dalam menggeluti bisnis. Ada beberapa dari miliarder ini memulai usahanya dari nol lho!

Berikut Ini Daftar 10 Daftar Orang Terkaya di Indonesia:

10. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra. (Foto: Istimewa)

Di awal tahun 2019, nama pendiri Mayora ini sempat menghilang dari 20 besar orang terkaya di Indonesia. Namun jelang tutup tahun, nama Pak Jogi masuk kembali ke urutan ke 10.

Sekadar informasi saja, Jogi sempat menduduki posisi yang sama di tahun 2017 setelah sebelumnya di posisi 35. Pria berusia kepala tujuh ini tercatat mengantongi total harta dan aset senilai USD3 miliar atau Rp42 triliun.

Soal sepak terjangnya dalam dunia bisnis tak perlu diragukan, keluarga Atmadja yang merupakan imigran dari China sudah memulai bisnis membuat biskuit di tahun 1948. Namun Mayora Group didirikan tahun 1977, dan keluarga Atmadja masih menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung. (Foto: Istimewa)

Dulu orang yang dikenal dengan sebutan CT ini sempat ada di posisi lima. Namun, saat ini ia turun peringkat ke posisi sembilan. Jumlah harta ayah Putri Tanjung ini pun merosot dari USD3,7 miliar ke USD3,6 miliar atau Rp50 triliunan.

Namun, kisah inspiratif tentang pria yang kerap disebut sebagai Anak Singkong ini memang sangat familiar. Pemilik CT Corp ini memulai usaha pertamanya saat masih kuliah, salah satunya dengan membuka tempat fotokopi. Namun saat ini, dia telah menjadi konglomerat dengan bisnis yang sangat menggurita dari media dan ritel.
8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan. (Foto: Istimewa)

Dr. Boen merupakan pendiri Kalbe Farma, yang tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia urutan ke delapan. Total hartanya berjumlah USD4,35 miliar atau Rp61 triliunan.

Ia memulai usahanya di bidang farmasi di garasi rumahnya sendiri pada tahun 1966 bersama lima saudara kandungnya. Pria berusia kepala delapan ini juga sempat masuk ke dalam jajaran orang terkaya tertua di Indonesia versi Forbes. Kalbe Farma sendiri akhirnya melantai di bursa saham pada 1991. Boen dan keluarganya menguasai 48 persen saham di perusahaan tersebut.

Baca juga: Masuk Daftar Orang Terkaya Indonesia, Ini Harta Sjamsul Nursalim

7. Tahir

Dato Sri Tahir. (Foto: Istimewa)

Crazy rich Surabaya yang hobi sedekah ini dulu menduduki posisi keempat dengan total aset US$ 4,5 miliar. Kendati sekarang turun ke urutan ke tujuh, harta Dato Sri Tahir bertambah jadi USD4,8 miliar atau Rp67 triliun. Sebagai konglomerat, Tahir sejatinya bukan lahir dari keluarga kaya. Ayahnya adalah juragan becak yang sudah biasa berdagang sejak kecil.

Menantu dari Mochtar Riady (pemilik Lippo Group) ini juga memiliki kebiasaan yang sederhana. Salah satu di antaranya adalah sering bawa bekal berupa mie instan dari Indonesia sekaligus sambal.
6. Anthoni Salim

Anthoni Salim. (Foto: Indofood)

Sudah bukan rahasia, orang terkaya di Indonesia urutan keenam ini adalah putra dari Sudono Salim alias Liem Sioe Liong, sang pendiri Indofood. Total kekayaan keluarga Salim saat ini adalah USD5,5 miliar atau Rp77 triliun.

Sejatinya, ia adalah pendiri dari Bank BCA. Namun bank ini akhirnya dijual ke Keluarga Hartono yang saat ini menjadi orang terkaya nomor satu di RI. Produk mereka yaitu Indomie, merupakan produk yang sangat dicintai oleh masyarakat. Selain itu, mie instan ini juga diekspor ke mancanegara.

5. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash. (Foto: Istimewa)

Pria imigran dari India ini tahun lalu menduduki posisi yang kelima. Namun, saat ini duduk di posisi sama, kekayaan keluarga Lohia justru merosot dari yang awalnya USD6,5 miliar sekarang jadi USD5,6 miliar atau Rp78 triliun.

Sebelum jadi orang kaya, usaha yang dijalankan Sri Prakash Lohia bersama ayahnya di Indonesia adalah produsen benang pintal. Nama usahanya Indorama Synthethic, bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat. Pada dekade 1980an, Mohan memecah usahanya ke tiga anak-anaknya guna menghindari perselisihan di kemudian hari. Di tahun 2006, perusahaan milik Lohia dikabarkan mengakuisisi salah satu BUMN Nigeria.

FYI aja, Sri Prakash Lohia adalah ipar dari Lakshmi Mittal, salah satu orang terkaya di Negeri Bollywood.

4. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo. (Foto: Istimewa)

Nama pendiri Gudang Garam ini sempat menghilang setelah sebelumnya menduduki posisi kedua. Namun di tahun 2019, namanya kembali muncul hanya saja hartanya menurun dari USD8,8 miliar jadi USD6,6 miliar atau Rp92 triliun.

Gudang Garam merupakan salah satu rokok kretek terlaris di Indonesia. Mereka memiliki dua produk andalan: Gudang Garam Surya dan International. Perusahaan ini didirikan oleh Tjoa Jien Hwie atau Surya Wonowidjojo yang bermigrasi dari Fujian, China, ke Indonesia tahun 1920an. Dia pertama kali menginjakkan kaki di Sampang, Madura. Surya memulai semuanya dari nol.

Baca juga: Deretan Pewaris Termuda yang Siap Mewarisi Kekayaan Orangtuanya

3. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu. (Foto: informasiana)

Sempat duduk di posisi enam dengan kekayaan USD3,5 miliar, sekarang pendiri Barito Pasific Group ini duduk di posisi tiga dengan aset USD7,6 miliar atau Rp107 triliun.

Bisa dibilang Prajogo juga merupakan seorang pengusaha yang bergerak dari nol. Pria ini bahkan dulunya sempat jadi sopir angkot. Lantas perkenalannya dengan Bong Sun On atau Burhan Uray membuka jalan bagi Projogo menuju kesuksesan. Ia mengenal sosok Bong tahun 1960-an. Prajogo pun dipekerjakan Bong di perusahaan miliknya, PT Djajanti Group, hingga akhirnya mendirikan bisnis yang bergelut di bidang yang sama.

2. Keluarga Widjaja

Mendiang Eka Tjipta Widjaja. (Foto: Istimewa)

Posisi orang terkaya di Indonesia nomor dua, ternyata masih diduduki oleh keluarga dari pendiri Sinar Mas Group, mendiang Eka Tjipta Widjaja.

Kekayaan keluarga Widjaja melesat jauh dari yang sebelumnya Rp120 triliun, sekarang menjadi US$ 9,6 miliar atau setara dengan Rp 135 triliun. Namun, masih kalah jauh sama keluarga Hartono. Bicara soal sepak terjang bisnis, Sinarmas memiliki usaha dimana-mana. Mulai dari kertas, properti, asuransi, dan lainnya.

1.  Keluarga Hartono

Hartono. (Foto: Istimewa)

Di urutan pertama masih diduduki oleh Keluarga Hartono (Budi dan Michael) dengan total aset senilai USD36 miliar atau Rp507 triliun. Bisa dibilang, kekayaan mereka pada tahun ini telah meningkat USD1 miliar atau kurang lebih Rp14 triliunan dari tahun sebelumnya. Seiring naiknya harga saham PT Bank Central Asia Tbk.

Singkat cerita, bos rokok Djarum ini menapakkan kaki mereka di dunia perbankan. Hal ini tentu sangat menjadi perhatian banyak orang, karena saat itu Indonesia sedang mengalami masa krisis moneter. Tak cukup di perbankan, Djarum juga menguasai Global Digital International (GDI), sebuah perusahaan yang memiliki media daring bernama Kumparan.

Hartono bersaudara pun melebarkan bisnis di bidang perhotelan lewat PT Cipta Karya Bumi Indah dengan memiliki saham di Hotel Indonesia Kempinski (Eks Hotel Indonesia). Selain itu, Djarum cukup sukses memasarkan superblok dan pusat grosir WTC Mangga Dua.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Category
Ekonomi

Berita Terkait: