Kemenkeu Belum Pernah Kelola Kapal Pencuri Ikan Jadi Aset Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (setkab)Menteri Keuangan Sri Mulyani. (setkab)

Pantau.com  Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), belum mengelola aset berupa kapal-kapal asing pelaku pencurian ikan. “Kalau sekarang belum tapi nati akan kita lihat saja,” kata Sri Mulyani, di Perpustakaan Nasional, Kamis (11/1/2018). 

Meski demikian, Sri Mulyani mengatakan pihaknya siap menanggapi permintaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan, agar kapal-kapal yang ditangkap karena menangkap ikan tanpa izin disita dan dijadikan aset negara.  “Kita akan lihat apa yang dilakukan dalam menangani kapal-kapal yang melanggar atau ilegal. Bagaimana dalam peraturan untuk penanganannya asetnya kami akan bantu sepenuhnya,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengaku pihaknya masih perlu melihat bagaimana strategi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan juga instruksi dari Presiden agar kapal-kapal itu bisa lebih didayagunakan. Sementara mengenai aspek penting mengenai bagaimana strategi tersebut turut mendukung peningkatan aktivitas ekonomi yang berhubungan langsung dengan kegiatan sektor perikanan. “Yang paling penting adalah aktivitas ekonomi masyarakat, nelayan, industri perikanan bisa ditingkatkan,” lanjut Sri Mulyan

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti