Pantau Flash
Ronaldinho Segera Bebas Setelah Kejaksaan Sepakati Kesepakatan
Polisi Jerat 'Gilang Bungkus' dengan Pasal Perbuatan Tidak Menyenangkan
Juventus Resmi Pecat Maurizio Sarri
TikTok Ancam Tempuh Jalur Hukum Usai Diblokir Donald Trump
Pemerintah Beri Santunan Rp300 Juta untuk Tenaga Medis Gugur Tangani Korona

Arab Saudi Klaim Tak Ada Jemaah Haji Terpapar COVID-19

Headline
Arab Saudi Klaim Tak Ada Jemaah Haji Terpapar COVID-19 Sejumlah jamaah perempuan mengenakan masker pelindung wajah beribadah haji. (Foto: Reuters/HO-Saudi Ministry of Media via Antara)

Pantau.com - Asisten Menteri Kesehatan dan juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr. Muhammad Al-Abdali, mengatakan tidak ada kasus COVID-19 di antara jemaah haji.

Al-Abdali mengungkapkan perkembangan tersebut dalam konferensi pers, yang dihadiri oleh juru bicara keamanan untuk Kementerian Dalam Negeri Letnan Kolonel Talal Al-Shalhoub dan Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Haji,, Dr. Hassan Al-Sharif, seperti dilansir Saudi Press Agency, Jumat (31/7/2020).

Talal Al-Shalhoub, dalam kesempatan itu, menyampaikan rencana keamanan ritual haji dan menyoroti keberhasilannya.

Baca juga: Etty Toyyib Bebas dari Hukuman Mati di Arab Saudi, Kini Kembali ke Keluarga

Kemudian Hassan Al-Sharif mengucapkan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Yang Mulia Pangeran Mahkota atas dukungan terus menerus yang mereka berikan untuk memfasilitasi jamaah haji.

Jamaah haji setelah melaksanakan wukuf di Arafah bergerak menuju Muzdalifah saat setelah terbenamnya matahari (waktu Maghrib) di tengah pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat.

Pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat yang dilakukan oleh pemerintah Penjaga Dua Masjid Suci agar jamaah haji sukses melaksanakan ibadah suci.

Baca juga: Penangguhan Ibadah Haji, Ini Sikap Imam Beijing di China

Di Muzdalifah menjelaskan, jamaah haji melaksanakan salat Maghrib dan Isya yang digabungkan dan disingkat. Setelah itu, jamaah haji bermalam di sana hingga waktu fajar, sebelum menuju ke lembah Mina.

Perjalanan jamaah haji dari Arafah ke Muzdalifah dilaporkan berjalan mulus dan lancar, berkat layanan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diberikan oleh otoritas tuan rumah, termasuk tindakan pencegahan dan pemberlakuan protokol kesehatan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: