Pantau Flash
Formula E Tunda Pengenalan Mobil Baru hingga Musim 2021/2022
6 Direktur Barcelona Mundur Imbas Konflik Internal
Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Mencapai 3.000 Meter
Kasus Positif Korona Jakarta Capai 1.719: 155 Meninggal dan 82 Sembuh
Derby della Madoninna Pindah ke Lapangan Virtual

Kemenkes Taiwan Kabarkan Kematian Pertama Virus Korona

Kemenkes Taiwan Kabarkan Kematian Pertama Virus Korona Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung. (Foto: Antara)

Pantau.com - Seorang pria di Taiwan meninggal akibat virus Korona, menjadi kematian pertama di wilayah tersebut sejak epidemik itu menyebar dari daratan China, demikian dikabarkan oleh menteri kesehatan Taiwan pada Minggu (16/2/2020).

Menteri Kesehatan, Chen Shih-chung, menyebutkan bahwa pria tersebut berusia 60 tahunan, yang tidak melakukan perjalanan ke luar negeri baru-baru ini dan memiliki diabetes serta hepatitis B.
 
Kematiannya menjadi yang pertama di Taiwan, yang hingga kini mencatat 20 kasus virus Korona terkonfirmasi secara keseluruhan.

Baca juga: Sebelum Merebak, Presiden China Sudah Tahu Virus Korona Lebih Awal


Laporan yang disampaikan Chen membuat Taiwan mencatatkan kasus kematian pertama virus yang merebak di China sejak Desember 2019 itu. Di China sendiri, patogen dengan nama resmi Covid-19 tersebut membunuh lebih dari 1.600 orang, dan menginfeksi sekitar 69.000.

Baca juga: Wuhan Minta Warganya yang Baru Pulang Liburan Langsung Dikarantina


Terdapat total lima kasus kematian yang dilaporkan di luar China. Selain di Taiwan, masing-masing terjadi di Hong Kong, Filipina, Perancis, dan Jepang. Otoritas Negeri "Panda" menyebut jumlah kasus infeksi baru virus yang berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan itu menurun selama tiga hari berturut-turut.


Menteri Luar Negeri Wang Yi menyatakan, Beijing membuat 'pengorbanan' melalui serangkaian kebijakan untuk menjaga keamanan kesehatan global. Namun, dunia masih menjaga kewaspadaan dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengaku "mustahil" memprediksi bagaimana perkembangan wabah ini.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: