Pantau Flash
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni

Masjid dan Surau di Wilayah Persekutuan Malaysia Kembali Dibuka

Masjid dan Surau di Wilayah Persekutuan Malaysia Kembali Dibuka Perdana Menteri (Hal Ehwal Agama), Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al-Bakri (tengah). (Foto: Facebook/Datuk Zulkifli)

Pantau.com - Pemerintah Malaysia memperbolehkan semua masjid dan surau terpilih di Wilayah Persekutuan Malaysia (Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan) untuk digunakan salat Jumat, salat berjamaah setiap waktu termasuk salat sunah tarawih dan salat sunah pada Hari Raya Idul Fitri.

Menteri di Kantor Perdana Menteri (Hal Ihwal Agama), Zulkifli Mohamad Al-Bakri mengemukakan hal itu di Putrajaya, melakukan sidang media khusus terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi salat Jumat dan salat berjamaah di masjid sepanjang Perintah Kawalan Pergerakan Bersyarat (PKPB).

Dia mengatakan lain-lain salat secara berjamaah dalam waktu PKPB bisa dilaksanakan secara bertahap setelah salat Jumat pada 15 Mei 2020. "Musyawarah memutuskan bahwa jumlah jamaah bagi salat Jumat dan lain-lain salat berjamaah tidak kurang dari tiga jamaah tidak termasuk imam dan tidak lebih dari 30 jamaah," katanya.

Baca juga: Malaysia Tangkap 421 WNI Ilegal Saat Razia Imigrasi dan Masuk Daftar Hitam

Dia mengatakan keputusan tersebut selaras dengan keputusan Musyawarah Majelis Keselamatan Negara (MKN) dan pertemuan Senator Menteri di Kantor Perdana Menteri (Hal Ihwal Agama) dengan Perdana Menteri  Muhyiddin Yassin pada 12 Mei 2020.

Zulkifli mengatakan pihak pengurus masjid perlu memastikan ada pengawalan dari pihak keamanan seperti polisi dan aparat keagamaan wilayah setempat. "Saya telah menghubungi Kepala Polisi Diraja Malaysia berhubung hal ini dan beliau setuju untuk memberi dukungan penuh," katanya.

Dia mengatakan takmir masjid dan surau-surau terpilih perlu memastikan SOP Majelis Keselamatan Negara (MKN) dan Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) agar dipatuhi sepenuhnya.

Baca juga: Komunikasi Lewat Telepon, Donald Trump Bahas Ini dengan Muhyiddin Yassin

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: