Pantau Flash
Reza Rahadian-Acha Septriasa Kembali Berpasangan di Film Layar Lebar
BNPB: Gubernur Sulbar Tetapkan Status Tanggap Darurat Pascagempa
Greysia/Apriyani Raih Gelar Juara Thailand Open 2021
Semeru Berstatus Waspada, Warga Diimbau Tak Beraktivitas Radius 1 Km
Jelang MotoGP Mandalika, Sandiaga Pastikan Homestay di Desa Wisata Gerupuk Siap

Di Mana Ada Menteri Edhy, di Situ Ada Ngabalin?

Headline
Di Mana Ada Menteri Edhy, di Situ Ada Ngabalin? Menteri KKP Edhy Prabowo bersama dengan Ali Mochtar Ngabalin. (Foto: Twitter/Edhy_Prabowo)

Pantau.com - Nama Ali Mochtar Ngabalin mencuat di lini masa usai Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK atas dugaan kasus korupsi ekspor benih lobster. Ngabalin ramai dibicarakan karena berada dalam rombongan dengan Menteri Edhy yang pulang dari Amerika Serikat pada Rabu dini hari (25/11/2020).

Berdasarkan informasi yang diterima Pantau.com, selain bersama dengan keluarga dan pegawainya, Edhy berada satu pesawat dengan salah satu Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) tersebut. Hal ini juga menjadi perbincangan hingga menjadi trending topic di Twitter.

Baca juga: Kena OTT KPK, Berapa Harta Menteri KKP Edhy Prabowo?

Seperti diketahui, Ngabalin menjadi salah satu pejabat baru di lingkungan KKP. Menteri Edhy Prabowo mengangkat Ngabalin sebagai pembina untuk Komisi Pemangku Kepentingan-Konsultasi Publik Kelautan, Perikanan sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2020 pada Januari 2020.

Tidak hanya itu, Ngabalin juga vokal menyuarakan pembelaan atas kebiakan Menteri Edhy yang membuka kran ekspor untuk benih lobster. Untuk diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali mengizinkan ekspor benih lobster melalui Peraturan Menteri KKP No.12/2020.

Ngabalin menilai kebijakan itu menguntungkan nelayan yang selama ini terpuruk akibatan larangan penangkapan di era Menteri Susi Pudjiastuti. "Saya pernah ngurus mereka (nelayan) di penjara, jatuh bangkrut, kapalnya tenggelam. Kebijakan ini sudah tepat karena pada saat waktu yang tepat. Sehingga masyarakat memiliki kepastian terhadap dibukanya kran lobster," kata Ngabalin saat lawatan di Banyuwangi bersama dengan Menteri Edhy, 9 Juli 2020, yang dikutip dari Detik.com.

Baca juga: Heboh! Ada Ngabalin Dalam Rombongan Menteri Edhy Prabowo

Ngabalin juga meminta Susi Pudjiastuti untuk tidak menganggu kebijakan era Menteri Edhy Prabowo terkait ekspor benih lobster ini. ""Orang punya masanya, setiap masa punya orang. Ada menteri baru, ya regulasi baru. Makanya adanya dibukanya kran (ekspor lobster) lebar," kata Ngabalin.

Ngabalin juga sering kali terlihat mendampingi Menteri KKP Edhy Prabowo dalam kunjungan kerjanya ke berbagai daerah di Indonesia. Ia pun turut disorot karena berada dalam rombongan Edhy Prabowo. Namun, itu bukanlah kali pertama Ngabalin terlihat bersama Edhy. Berikut potret kebersamaan Ngabalin dengan Menteri Edhy Prabowo.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo dan Ali Mochtar Ngabalin MSi Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden diabadikan saat mengecek persiapan ujian Doktor di Auditorium Unsrat Manado.(20/10/2020). (Foto: Tribun Manado/Christian Wayongkere)



Menteri Edhy Prabowo bersama Ali Mochtar Ngabalin usai memperkenalkan para Penasihat Menteri dan Komisi Pemangku Kepentingan dan Komunikasi Publik kepada keluarga besar KKP, 20 Januari 2020. (Foto: Twitter/Edhy_Prabowo)


Ali Mochtar Ngabalin (kanan) saat berkunjung ke Banyuwangi bersama Menteri Kelautan Perikanan Edhy Prabowo, 10 Juli 2020. (Foto: ozi/nusadaily.com)


Menteri KKP Edhy Prabowo dan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin. (Foto: Rochman/kabarjawatimur.com)


Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memegang ikan kerapu. (Foto: HO-KKP)

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: