Pantau Flash
Greysia/Apriyani Raih Gelar Juara Thailand Open 2021
Semeru Berstatus Waspada, Warga Diimbau Tak Beraktivitas Radius 1 Km
Jelang MotoGP Mandalika, Sandiaga Pastikan Homestay di Desa Wisata Gerupuk Siap
Bamsoet Ajak Pemerintah dan Masyarakat Bahu Membahu Atasi Bencana Alam
Keok di Partai Puncak, Praveen/Melati Jadi Runner Up Thailand Open 2021

Dinkes DKI Ungkap Kondisi Terkini Anies Baswedan

Dinkes DKI Ungkap Kondisi Terkini Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara/HO/Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional)

Pantau.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan kondisi Gubernur Anies Baswedan dalam keadaan sehat, walaupun dalam beberapa hari terakhir sering bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang positif terpapar Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). 

"Sehat, barusan rapat dan masih beraktivitas seperti biasa," ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Widyastuti menyebutkan bahwa mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini cukup sering melakukan uji usap (swab test dengan PCR), mengingat sebagai kepala daerah, Anies kerap berinteraksi dengan sejumlah tamu hingga pejabat tinggi negara. "Iya pak gubernur sering kami tes usap karena beliau sering ketemu menteri tertentu dan pak presiden," kata dia.

Baca juga: Diduga Imbas Kerumunan Petamburan, Anies Copot Wali Kota Jakarta Pusat

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan terkonfirmasi positif terpapar Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dan kondisinya saat ini dalam keadaan baik serta tengah menjalani isolasi mandiri.

"Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat, 27 November 2020 kemarin, menunjukkan positif COVID-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya, juga sudah menjalani tes usap," kata Riza dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

"Sebagaimana prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di level Puskesmas hingga rumah sakit," ujar Riza.

Diketahui, Riza sebelumnya melakukan dua kali tes usap (PCR test), yaitu pada Kamis, 26 November 2020, dengan hasil negatif, kemudian dilanjutkan tes yang sama pada Jumat 27 November 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif.

Baca juga: Kasus Positif COVID-19 RI Capai 538.883 di Akhir November

Berdasarkan hasil dari penelurusan kontak Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Riza terkonfirmasi positif COVID-19 karena tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga staf tersebut.

"Jadi, temuan positif COVID-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun," ucap Riza.

Riza berharap dengan adanya kasus konfirmasi positif COVID-19 ini, warga Jakarta untuk semakin meningkatkan disiplin protokol kesehatan dalam 3M, yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan. "Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat wal’afiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi COVID-19. Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan aman bahkan hingga di dalam lingkup keluarga kita," tutur Riza.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta