Istana Kepresidenan Bakal Gelar Perayaan HUT Kemerdekaan RI Secara Terbuka, Dihadiri Pejabat hingga Masyarakat

Headline
Tangkapan layar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono (tengah), dalam konferensi pers mengenai Bulan Kemerdekaan 2022 di Jakarta, Senin (1/8). ANTARA/Indra Arief

Pantau – Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan, Istana Kepresidenan akan menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengundang masyarakat secara terbatas pada Rabu (17/8/2022).

“Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan tahun ini kami di lingkungan Istana akan menyelenggarakan peringatan 17 Agustus sudah mulai terbuka,” kata Heru dalam konferensi pers mengenai Bulan Kemerdekaan 2022 yang ditayangkan kanal Youtube Sekretariat Presiden  di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Menurut dia, Istana Merdeka akan mengundang sekitar 2.000-3.000 masyarakat untuk mengikuti langsung peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas, masih terbatas, kurang lebih 1.000-2.000 orang, kurang lebih 2.000 pada pada pagi hari (Upacara Penaikan Bendera Merah Putih), dan 2.000-3.000 pada sore hari (upacara penurunan Bendera Merah Putih),” katanya.

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesa ini akan dihadiri sejumah pejabat hingga masyarakat karena pihak istana akan mengundang mantan presiden dan wakil presiden, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, para ketua lembaga negara, dan juga sejumlah perwira tinggi di TNI dan Polri.

Hal ini berbeda dengan peringatan HUT RI dua tahun sebelumnya yang diselenggarakan dengan jumlah peserta sangat terbatas karena penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Adapun tema perayaan HUT RI pada tahun ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Pada tahun ini Indonesia menjadi ketua G20.

“Di mana kita sudah melampaui kondisi Covid-19,” ujar dia.

Meski menyelenggarakan secara langsung, Istana juga tetap menyiarkan peringatan HUT RI secara virtual melalui berbagai kanal.

 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Firdha Rizki Amalia