Pantau Flash
Puan: Perpanjangan PPKM Kesempatan Ukur Efektivitas Penanganan Pandemi
OJK: Jumlah Investor di Pasar Modal Meningkat hingga 96 Persen
Mohon Tetap Waspada! Kasus COVID-19 di Indonesia Bertambah 33.900 per Hari Ini
Alhamdulillah, Pemerintah Resmi Bebaskan Pajak Sewa Toko Pedagang di Pasar hingga Mal
PSSI: Liga 1 2021-2022 Dimulai 20 Agustus 2021 di Zona Hijau

Ketua MPR: Seluruh Rakyat Indonesia Harus Terima Vaksin Tanpa Terkecuali

Headline
Ketua MPR: Seluruh Rakyat Indonesia Harus Terima Vaksin Tanpa Terkecuali Ilustrasi vaksin COVID-19 (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan seluruh rakyat Indonesia harus memeroleh vaksinasi COVID-19 tanpa terkecuali apabila vaksin sudah tersedia.

Ia mendorong pemerintah bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan vaksin aman dan halal, dan BPOM untuk segera mengeluarkan rekomendasi izin edar jika dianggap aman dan halal.

"Selain itu, diharapkan juga pemerintah bersama tenaga kesehatan di laboratorium yang melakukan uji klinis vaksin COVID-19 dapat terus mengembangkan penemuan vaksin, dikarenakan seluruh masyarakat Indonesia seharusnya wajib mendapatkan vaksin tersebut tanpa terkecuali, sebab COVID-19 dapat terpapar pada orang tanpa mengenal usia," ujar Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (23/10).

Baca juga: Bamsoet: Peta Jalan Vaksinasi Harus Selaras Program Pemulihan Ekonomi

Bamsoet mendorong Kementerian Kesehatan bersama tenaga kesehatan yang bertugas melakukan uji klinis vaksin COVID-19, terus mengikuti pembaharuan penelitian terkait perkembangan virus korona, sehingga vaksin dapat disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan dari virus korona.

Dia juga mendorong pemerintah melakukan komunikasi yang baik dengan pendekatan yang tepat kepada masyarakat terkait penyediaan vaksin dan pelaksanaan vaksin COVID-19, sehingga masyarakat dapat memahami manfaat dari vaksin itu sendiri.

Adapun terkait vaksinasi, Bamsoet berharap pemerintah berupaya agar implementasi vaksin COVID-19 dapat diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali, atau setidaknya dengan harga yang ditetapkan sangat terjangkau sehingga tidak membebani perekonomian masyarakat.

Baca juga: Bamsoet Ajak Pemuda Pancasila Kaltim Sebarkan Semangat Kebangsaan

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: