Pantau Flash
Update Korona 10 April: 282 Sembuh, 306 Meninggal, dan 3.512 Positif
Formula E Tunda Pengenalan Mobil Baru hingga Musim 2021/2022
6 Direktur Barcelona Mundur Imbas Konflik Internal
Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Mencapai 3.000 Meter
Kasus Positif Korona Jakarta Capai 1.719: 155 Meninggal dan 82 Sembuh

Menakar Nasib Amien Rais di PAN Usai Zulhas Terpilih Kembali Jadi Ketum

Headline
Menakar Nasib Amien Rais di PAN Usai Zulhas Terpilih Kembali Jadi Ketum Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (dua kanan) dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tiga kanan). (Foto: Antara/Fathur Rochman)

Pantau.com - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto angkat bicara terkait dengan posisi Amien Rais di kepengurusan PAN periode 2020-2025 di bawah Ketua Umum Zulkifli Hasan. Menurutnya, terkait dengan posisi Amien di PAN akan bergantung dari keputusan Zulkifli.

"Saya belum tahu, Dewan Kehormatan ini prerogatif dari ketua umum," katanya usai diskusi "Evaluasi Publik dan Isu-Isu Nasional dalam 100 Hari Jokowi-Amin", di Jakarta, Minggu 16 Februari 2020.

Baca juga: Zulhas Minta Kader PAN Kembali Bersatu: 2024 Lebih Berat dari 2019

Adapun untuk diketahui pada kepengurusan DPP PAN periode sebelumnya, Amien Rais menjabat Ketua Dewan Kehormatan, tetapi Bima tidak bisa memastikannya pada kepengurusan baru ini.

Bima yang juga Wali Kota Bogor itu menjelaskan posisi Dewan Kehormatan memang tidak dipilih di dalam kongres, melainkan ditunjuk atau dipilih oleh ketua umum.

"Bang Hatta (Hatta Radjasa) dipilih di kongres sebagai Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai). Kalau Dewan Kehormatan tidak di kongres, Dewan Kehormatan ditunjuk atau dipilih oleh ketua umum," ungkapnya.

Akan tetapi, Wakil Ketua Umum PAN periode lalu itu memastikan struktur Dewan Kehormatan terdapat di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PAN.

"Di AD/ART ada Dewan Kehormatan itu. Tetapi, kita kembalikan ke Pak Zul, apakah Pak Zul akan menunjuk orang pengganti Pak Amien atau bagaimana, kita belum tahu juga," katanya.

Bima mengakui bahwa secara prinsip PAN saat ini harus menghimpun semua kekuatan yang dimiliki untuk mewujudkan target sebagai tiga besar partai pemenang Pemilihan Umum 2024.

"Itu prinsipnya, jangan ada yang ditinggalkanlah karena kita targetnya tiga besar nih, enggak main-main. Tapi, apakah Pak Amien masih di dalam atau tidak, ini sudah pembicaraan tingkat dewa," katanya.

PAN telah melaksanakan Kongres V di Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020, dan telah menetapkan Zulkifli Hasan sebagai ketua umum periode 2020-2025.

Baca juga: Minta Maaf, Zulhas Sebut Akan ke Yogyakarta Temui Amien Rais

Pada kongres tersebut, sebagaimana diketahui Amien Rais tidak mendukung Zulkifli Hasan sebagai petahana dalam pemilihan ketua umum, tetapi memberikan dukungan kepada calon lain, yakni Mulfachri Harahap.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: