Pantau Flash
Upacara Tetap Digelar di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020
Presiden Jokowi Kaji Prioritas Usulan 245 Proyek Strategis Nasional Baru
Usai PSBB, Terbitlah Pusat Perbelanjaan Kota Malang
Indonesia Kecam Rencana Aneksasi Israel Terhadap Palestina
Welcome New Normal: Penumpang KRL Dilarang Bicara dan Telepon

Pemerintah Akan Percepat Pembayaran Klaim RS yang Tangani Pasien Korona

Pemerintah Akan Percepat Pembayaran Klaim RS yang Tangani Pasien Korona Petugas medis membawa seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terduga COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.

Pantau.com - Pemerintah akan percepat pembayaran klaim rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 agar pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut tetap bisa berjalan dengan baik.

"Pemerintah akan mempercepat pembayaran kepada rumah sakit yang melakukan perawatan pasien COVID-19," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Baca juga: Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan di DKI Jakarta

Muhadjir selaku Ketua Dewan Pengarah Percepatan Penanganan COVID-19 telah memberikan tugas kepada BPJS Kesehatan untuk melakukan verifikasi klaim rumah sakit terkait pelayanan kesehatan bagi pasien COVID-19.

BPJS Kesehatan ditugasi memverifikasi klaim pembayaran penanganan pasien COVID-19 karena dinilai sudah berpengalaman melakukan verifikasi klaim pembayaran rumah sakit dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional.

"Surat penugasan khusus untuk verifikasi klaim sudah saya tanda tangani. Dengan demikian, BPJS Kesehatan bisa segera melakukan tugas khususnya untuk membantu verifikasi klaim pelayanan kesehatan," kata Muhadjir.

Setelah menyelesaikan proses verifikasi klaim pembayaran rumah sakit, BPJS Kesehatan akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam memproses pembayarannya.

Baca juga: Rawan Korona, Pedagang Baju Impor Diimbau Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Kementerian Kesehatan telah mendapat alokasi dana khusus dari Kementerian Keuangan untuk melunasi tagihan-tagihan rumah sakit terkait penanganan COVID-19.

Hingga kini jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 1.285. Dari keseluruhan kasus itu, ada 64 orang yang telah sembuh dari infeksi virus korona baru dan 114 orang yang meninggal dunia karenanya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: