Pantau Flash
PKS Putuskan Abstain di Pilkada Solo
Djoko Tjandra Dituntut 2 Tahun Bui Kasus Surat Jalan Palsu
Benny Wenda Siap Temui Jokowi: Dengan Kedudukan Setara Negara dan Negara
Iyut Bing Slamet Ditangkap karena Narkoba
COVID-19 RI 4 Desember: 563.680 Kasus Positif dan 17.479 Meninggal Dunia

RS Persahabatan: Kasus Ringan COVID-19 Sebaiknya Karantina di Rumah

RS Persahabatan: Kasus Ringan COVID-19 Sebaiknya Karantina di Rumah Ruang isolasi Pinere RSUP Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur. (Foto: Antara/Andi Firdaus)

Pantau.com - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah mengatakan pasien COVID-19 dengan kasus ringan sebaiknya berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dan melakukan karantina mandiri di rumah.

"Saat karantina di rumah, harus ada ketentuan yang ditaati pasien sehingga tidak menyebarkan virus korona kepada keluarga," kata Rita saat jumpa pers di Graha BNPB sebagaimana siaran langsung yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Pemerintah: 60-70 Persen Penderita COVID-19 Merupakan Orang Tanpa Gejala

Rita mengatakan gejala COVID-19 adalah demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Pada kasus berat, pasien bisa saja mengalami sesak nafas.

Bila pada diri terdapat gejala-gejala tersebut, maka seseorang perlu waspada tetapi tidak perlu panik. Yang terpenting adalah bagaimana bisa mengatasi dan mencegah sehingga tetap merasa aman di lingkungan sekitar.

"Kita sudah tahu bahwa sebaiknya tetap ada di rumah. Itu sangat penting. Kalau ada gejala, sebiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan," tuturnya.

Bila kita mendengar di lingkungan sekitar terdapat yang positif, juga tidak perlu panik. Yang penting dilakukan adalah menghindar agar tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang dinyatakan positif.

"Mari kita sama-sama melakukan pencegahan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, melakukan etika bersin dan batuk, serta memakai masker di tempat-tempat umum," jelasnya.

Baca juga: RS Persahabatan: ODP Virus Korona Akan Diseleksi

Rita mengatakan meskipun tetap di rumah, seseorang juga bisa tetap produktif dengan melakukan pekerjaan, belajar, dan beribadah di rumah.

"Lakukan semua dengan disiplin. Jadilah pahlawan dengan melindungi diri kita dan orang lain. Menangkan perang melawan COVID-19. Indonesia pasti bisa," katanya. 


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: