Pantau Flash
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama
36 Pegawai Kedeputian Penindakan KPK Positif COVID-19
Pos Penyekatan di Jembatan Suramadu Resmi Ditiadakan
Perhatian! Warga dengan KTP Non DKI Jakarta Bisa Ikut Vaksinasi COVID-19
Warga Jakarta Waspada, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Nyaris Penuh

Takbir Keliling Dilarang, Polda Metro Siapkan Skema Crowd Free Night

Takbir Keliling Dilarang, Polda Metro Siapkan Skema Crowd Free Night Pesepeda memacu kecepatannya di jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Pantau.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema bebas kemacetan kendaraan di malam hari (crowd free night) sebagai pengembangan dari kebijakan larangan takbir keliling di wilayah DKI Jakarta.

"Kalau memang situasi dibutuhkan, artinya situasional maka bisa saja pada pukul tertentu apakah 22.00 WIB hingga 23.00 WIB kita laksanakan 'crowd free night' seperti pada malam tahun baru," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Selasa (11/5/2021).

Meski demikian Sambodo menyebutkan penerapan "crowd free night" tersebut akan digelar jika diperlukan. Kepolisian terlebih dahulu akan menerapkan filterisasi di sejumlah jalan di wilayah Jakarta yang kerap menjadi lokasi takbiran keliling.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Kemenhub Catat 138.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Setiap Harinya

"Filterisasi sudah kita mulai dari sejak buka puasa sejak 18.00 untuk melaksanakan 'crowd free night', kita lihat perkembangannya, situasional, apakah memang dibutuhkan untuk 'crowd free night' atau filterisasi," katanya.

Tidak ada penyekatan bagi kendaraan umum maupun pribadi yang hendak melintasi rute yang akan dilakukan filterisasi. Namun, apabila ditemukan ada konvoi takbiran keliling, petugas akan mencegat konvoi maupun kendaraan tersebut, kemudian diminta untuk putar balik.

Kebijakan filterisasi dan "crowd free night"  mencegah takbir keliling tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam rangka penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Baca juga: Polda Metro Jaya Putar Balik 24.477 Pemudik di Titik Sekat Bekasi

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Noor Pratiwi
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: