Pantau Flash
Terjadi Ledakan Diduga Bom Rakitan di Menteng
Jubir Sebut 75 Persen Pasien COVID-19 di 11 Provinsi Telah Sembuh
Bamsoet Mendesak Kementan Segera Lakukan Uji Klinis Antivirus Korona
Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 di Wisma Atlet Bertambah Menjadi 3.586 Orang
Seluruh Pasien COVID-19 di Klaster Terbesar Gunung Kidul Telah Sembuh

Wow, ODP Korona di Sulawesi Selatan Dipersiapkan Jadi Duta COVID-19

Wow, ODP Korona di Sulawesi Selatan Dipersiapkan Jadi Duta COVID-19 Pemeriksaan Rapid Test kepada sejumlah wartawan di Kota Makassar, Sulsel. (Foto: Antara/Nur Suhra Wardyah)

Pantau.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tengah mempersiapkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) untuk menjadi Duta COVID-19 dengan tugas memberikan edukasi kepada masyarakat terkait virus korona yang sedang pandemi global itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dr Ichsan Mustari melalui telekonferensi di Makassar, Rabu petang, menyampaikan para ODP akan diberikan pengetahuan terkait COVID-19 selama proses karantina 14 hari yang dilakukan di hotel.

"Kita telah menyiapkan hotel bintang lima di Swiss Bell untuk menjalankan Program Rekreasi Duta COVID-19," kata Ichsan.

Baca juga: Jangan Main-main dengan Reinfeksi Virus Korona!

Melalui Program Rekreasi Duta COVID-19, ODP ini disiapkan sebagai edukator yang akan menyasar orang-orang sekitarnya terlebih dahulu sebab kebanyakan ODP bermunculan akibat 'local transmission'.

"Diharapkan setelah 14 hari mereka akan jadi Duta COVID-19. Tentu kita tahu bahwa masyarakat akan lebih cepat paham dan sadar jika orang di sekitarnya yang menyampaikan," ujarnya.

Saat ini, terdapat 134 ODP maupun Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan pemakaian 75 kamar yang sedang mengikuti karantina di hotel.

Baca juga: LSI Denny JA: 99 Persen Kasus Korona di Indonesia Selesai pada Juni 2020

Ichsan mengatakan bahwa bukan hanya ODP asal Makassar yang mengikuti program Rekreasi Duta COVID-19, tetapi beberapa dari mereka berasal dari Kabupaten Bulukumba dan Maros dan diyakini akan bertambah lagi dari daerah lain.

"Duta COVID-19 ini diharapkan ada dari semua kabupaten/kota di Sulsel. Kita mengundang masyarakat Sulsel yang berstatus OTG, isolasi rumah maupun ODP untuk ikut program Duta COVID-19 ini. Kalau ODP yang perlu dirawat tentu di rumah sakit, bukan di hotel," katanya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta