Pantau Flash
Menko Marinves Klaim Bank Dunia Puji Ketangguhan Ekonomi Indonesia
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020

10 Makanan Terbaik yang Dipercaya Ampuh Mencegah Kanker

10 Makanan Terbaik yang Dipercaya Ampuh Mencegah Kanker ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Tahukah Anda bahwa sekitar sepertiga dari semua kanker terkait dengan diet Anda? Ya, rutinitas diet harus dipertimbangkan, ini tentang apa yang Anda makan dan apa yang tidak Anda makan. Perkembangan kanker dalam tubuh Anda telah terbukti sangat dipengaruhi oleh diet Anda.

Apa yang Anda makan dapat memiliki efek drastis pada banyak aspek kesehatan Anda. Kanker adalah penyakit yang ditakuti yang memengaruhi jutaan orang setiap tahun karena pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi, dan genetika sampai batas tertentu. 

Bahan-bahan yang ditemukan dalam makanan olahan juga menambah daftar penyebab kanker. Makanan olahan disalahkan untuk setiap gangguan terkait kesehatan mulai dari kanker hingga diabetes. Juga kadang-kadang, bahkan cara Anda memasak makanan sebaliknya menempatkan mereka dalam kategori makanan penyebab kanker.

Saat ini, kemoterapi dan terapi nutrisi dapat menyelamatkan banyak pasien kanker. Tetapi, untuk mencegah penyakit, Anda dapat memasukkan makanan-makanan tertentu dan beberapa perubahan gaya hidup yang akan membantu membawa transisi yang sehat.

Berikut ini 10 makanan terbaik untuk mencegah penyakit kanker.

Baca Juga: 12 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

1. Ikan

Ikan berminyak seperti mackerel dan salmon diketahui mengurangi risiko kanker prostat. Mengkonsumsi 80 g ikan setiap hari dapat membantu melindungi Anda terhadap kanker usus. Juga, kehadiran asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berminyak juga dapat membantu menghambat kanker payudara.

2. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa tanaman yang mungkin memiliki sifat anti kanker yang kuat. Senyawa ini telah terbukti menyebabkan kematian sel tumor dan mengurangi ukuran tumor. Sertakan brokoli dengan beberapa makanan per minggu yang akan membantu dalam memerangi kanker.

3. Kacang

Kacang tinggi serat, yang terbukti membantu melindungi terhadap kanker usus besar. Mengkonsumsi kacang yang dimasak setiap hari juga menunjukkan penurunan risiko kekambuhan tumor.

4. Berry

Berry seperti blueberry, raspberry, ceri, blackberry, dan stroberi mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu memerangi kanker. Selain itu, buah beri mengandung antosianin yang tinggi, pigmen tanaman yang dikaitkan dengan berkurangnya risiko kanker.

5. Kacang

Penelitian telah menemukan bahwa makan kacang terkait dengan risiko lebih rendah dari jenis kanker tertentu. Sertakan kacang-kacangan dalam diet Anda untuk mengurangi risiko kanker usus besar, pankreas, dan endometrium. Salah satu contohnya adalah kacang Brazil, yang tinggi selenium yang membantu melindungi terhadap kanker paru-paru.

Baca Juga: 8 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan, Cegah Diabetes Hingga Kanker

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung manfaat kesehatan yang luar biasa dan asupan minyak zaitun yang lebih tinggi dapat membantu melindungi terhadap kanker tertentu. Mengkonsumsi minyak zaitun juga dikatakan menurunkan risiko kanker payudara dan kanker pada sistem pencernaan.

7. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang luar biasa yang terkenal dengan khasiat penyembuhannya. Bahan aktif dalam kunyit, yang dikenal sebagai curcumin, adalah bahan kimia dengan sifat anti-inflamasi, antioksidan dan bahkan anti-kanker. Curcumin juga efektif memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker paru-paru, payudara, dan prostat.

8. Buah Jeruk

Makan buah jeruk setiap hari seperti lemon, limau, jeruk bali dan jeruk menurunkan risiko kanker. Pigmen berwarna cerah pada buah jeruk dapat menurunkan risiko kanker pada sistem pencernaan dan saluran pernapasan bagian atas.

9. Tomat

Lycopene, senyawa yang ditemukan dalam tomat bertanggung jawab atas warna cerahnya serta sifat anti-kankernya. Juga telah ditemukan dalam penelitian tertentu bahwa tomat dapat menyebabkan pengurangan risiko kanker prostat.

10. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang telah terbukti membunuh sel kanker. Studi juga menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat menyebabkan penurunan risiko kanker usus, lambung dan prostat.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: