Pantau Flash
Luhut: Mudik Tidak Dilarang, tapi Kalau Anda Pulang Pasti Bawa Penyakit
Update COVID-19 2 April: 1.790 Positif, 112 Sembuh, 170 Meninggal
Total Pasien Positif COVID-19 di RS Darurat Wisma Atlet Jadi 125
Seorang Warga Ciomas Positif, Total Pasien COVID-19 Kab Bogor Jadi 14 Orang
Rapid Test di Stadion GBLA Bandung Batal Setelah Ditolak Warga Setempat

5 Ikan Laut Kaya Gizi yang Bisa Jadi Alternatif Makanan Sehat Anda

5 Ikan Laut Kaya Gizi yang Bisa Jadi Alternatif Makanan Sehat Anda Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ikan adalah jenis lauk yang baik untuk kesehatan. Di tengah pandemi korona jenis baru atau Covid-19, ikan bisa jadi salah satu alternatif makanan sehat untuk keluarga.

Selain memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi, beberapa jenis ikan juga memiliki beragam manfaat seperti mengontol kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, serta menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Namun tahukah kamu, ada beberapa jenis ikan laut yang memiliki manfaat tersendiri? Berikut 5 diantaranya:

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Putihkan Kulit Ketiak Anda

1.  Kerapu

Manfaat dari mengonsumsi ikan kerapu bagi kesehatan kamu yakni dapat mengurai risiko terkena penyakit jantung, selain itu ikan kerapu juga memiliki kandungan Asam Amino, Vitamin B Kompleks, Taurin, Selenium dan kaya akan Omega 3.

2. Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi untuk tubuh Anda. Di antaranya dapat mencegah obesitas, tekanan darah tinggi dan baik untuk kesehatan jantung.

3.  Tenggiri

Mengonsumsi hati ikan tenggiri dapat menurunkan risiko penyakit kanker, meningkatkan kesehatan otak karena mengandung asam lemak, jika dikonsumsi seminggu 2 kali. Sirip ikan tenggiri juga berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit eksim dan luka gatal.

Baca juga: Jus Buah Ternyata Tak Selamanya Baik untuk Anak di Bawah Satu Tahun, Moms!

4. Kakap

Seekor ikan kakap merah yang memiliki berat 100 gr mengandung 70 persen selenium bagi kamu yang mengikuti program diet. Selenium cukup bagus lantaran dapat mendukung fungsi sel-sel darah putih dan diperlukan untuk kelenjar tiroid berfungsi dengan baik.

5.  Bandeng

Ikan bandeng adalah spesies ikan yang sangat populer di kalangan masyarakat Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Ikan jenis ini ternyata memiliki khasian dan bermanfaat untuk penderita jantung koroner, menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan daya tahan tubuh.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH