Pantau Flash
Ada Fenomena CENS dari Laut China Selatan dalam Banjir Jakarta
Marquez Akui Sempat Kesulitan dengan Motor Baru Honda
Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp13.887 per Dolar AS
Eks Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun
Akibat Korona, Luhut: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Tertunda

5 Kesalahan Umum yang Sering Kita Lakukan Saat Bermain Ponsel

5 Kesalahan Umum yang Sering Kita Lakukan Saat Bermain Ponsel Ilustrasi bermain ponsel. (Shutterstock)

Pantau.com - Di zaman sekarang ini, sepertinya smartphone lebih penting dari segalanya. Kita selalu menjaganya agar tetap dekat bahkan ketika ke kamar mandi atau tidur.

Sebagian orang mungkin menggunakannya untuk alarm di pagi hari, ponsel bukanlah teman tidur yang baik. Kebiasan ini bisa memicu masalah pada kesehatan Anda. Selain itu, ada banyak kesalahan umum dalam penggunaan ponsel yang justu memicu masalah kesehatan.

Apa saja itu? Dilansir dari laman Bright Side, berikut kesalahan umum saat menggunakan ponsel yang berujung pada masalah kesehatan.

Baca juga: Suka Taruh HP di Kantong Celana? Ternyata Risikonya Benar-benar Mengerikan

1. Tidur dengan ponsel

Ilustrasi tidur dengan ponsel. (Shutterstock)

Ponsel pada dasarnya adalah pemancar dan penerima elektromagnetik. Itu artinya memancarkan gelombang radio. Meskipun belum terbukti, penelitian terus menunjukkan bagaimana gelombang dapat mempengaruhi otak Anda setelah terpapar berjam-jam. Dapat membangunkan Anda dengan notifikasi selama siklus tidur Anda. Jika tidak mungkin bagi Anda untuk mematikannya sepenuhnya, cobalah untuk menyimpannya di ruangan lain saat Anda tidur, dan cobalah untuk tetap menggunakan mode pesawat.

2. Terkena cahaya biru terlalu lama

Ilustrasi terpapar cahaya biru. (PIxabay)

Cahaya dari layar ponsel Anda menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur Anda. Ini merupakan alasan lain Anda tidak boleh berada di dekatnya saat tidur. Cahaya biru juga menyebabkan sakit kepala dan masalah mata hingga penglihatan. Cobalah mengatur ulang level cahaya pada ponsel Anda dan menyalakan filter cahaya biru.

3. Menggunakannya dengan sinyal rendah

Ilustrasi penggunaan ponsel. (Shutterstock)

Ketika Anda melihat sinyal lemah pada ponsel Anda, itu sebenarnya berarti ponsel Anda mengeluarkan sinyal yang lebih kuat sebagai pemancar, dan lebih banyak energi dari ponsel Anda berarti lebih membahayakan kesehatan. 

Devra Davis, penulis Disconnect: The Truth About Radiation Cell Phone, What the Industry Is Doing to Hide It, and How to Protect Your Family, merekomendasikan untuk menggunakan telepon rumah atau menjaga telepon sejauh mungkin dari Anda ketika sinyalnya rendah. Ini juga menyebabkan telepon Anda memanas yang merupakan bahaya lain.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Stop Main HP Saat Ingin Tidur

4. Menjaga kontak dengan kulit Anda

Ilustrasi menyimpan ponsel. (Pixabay)

Ada beberapa penelitian yang berfokus pada hubungan antara ponsel dan kanker, khususnya sinyal transmisi mereka yang sekitar 900 MHz, yang membuat ponsel Anda menjadi panas. Kulit Anda menyerap panas dengan mudah dalam potongan-potongan kecil setiap kali Anda dekat dengan ponsel. Meskipun tidak ada efek lain yang terbukti dari radiasi frekuensi radio pada tubuh manusia, fakta bahwa rasio penyerapan menurun secara dramatis ketika Anda menjaga jarak antara tubuh dan ponsel.

5. Melihat layar dengan postur tubuh yang buruk

Ilustrasi bermain ponsel. (Shutterstock)

Adalah fakta yang diketahui bahwa menggunakan ponsel menyebabkan cedera ibu jari seperti tenosynovitis. Ada kondisi kesehatan ponsel lain yang disebut "leher teks." Seperti namanya, ketika Anda menekuk leher ke depan untuk melihat layar, tekanan pada tulang belakang leher Anda meningkat secara bertahap.

Dan seiring berjalannya waktu, berat yang dirasakan leher Anda mungkin 5 kali lebih banyak dari berat kepala Anda yang sebenarnya. Ini menyebabkan nyeri leher dan kelainan postur. Pegang ponsel setinggi mata, jaga leher Anda selurus mungkin.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam