Pantau Flash
6 Direktur Barcelona Mundur Imbas Konflik Internal
Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Mencapai 3.000 Meter
Kasus Positif Korona Jakarta Capai 1.719: 155 Meninggal dan 82 Sembuh
Derby della Madoninna Pindah ke Lapangan Virtual
Bamsoet Minta Masyarakat Kerja Sama dengan Pemerintah Guna Atasi Korona

5 Langkah Deteksi Dini Gejala Kanker Payudara, Bisa Dilakukan di Rumah

5 Langkah Deteksi Dini Gejala Kanker Payudara, Bisa Dilakukan di Rumah Ilustrasi Kanker Payudara. (Foto: iStock)

Pantau.com - Keterlambatan diagnosis merupakan faktor utama memperburuk kanker payudara, untuk itu sangat diperlukan untuk memeriksakan sedini mungkin payudara Anda di rumah secara sederhana. 

Hal itu perlu dilakukan sebagai langkah deteksi dini kanker payudara. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi dini gejala kanker payudara: 

Baca juga: 12 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

1. Berdiri tegak di muka cermin dan cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara atau pembengkakan atau perubahan pada puting.

2. Angkat lengan kanan ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kanan memegang leher bagian belakang. Menggunakan tiga ujung jari tangan kiri, raba dan tekan area payudara. Cermati seluruh bagian payudara kanan hingga ke area ketiak, Lakukan gerakan menekan dan meraba dengan cara membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan arah naik dan turun.

3. Lalu lakukan gerakan membentuk lingkaran-lingkaran kecil dari bagian luar ke dalam payudara.

4. Kemudian lakukan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kiri Anda.

5. Pencet kedua puting satu persatu. Puting kanan dengan telunjuk dan ibu jari kiri, begitu juga sebaliknya. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Konsultasikan dengan dokter seandainya terdapat cairan yang keluar dari puting.

Baca juga: Cara Alami Mencegah Munculnya Stretch Mark Selama Kehamilan

Hal di atas dianjurkan dilakukan antara tujuh hari sampai sepuluh hari setelah hari pertama menstruasi karena pada masa ini kepadatan payudara berkurang.

Langkah deteksi dini ini sebaiknya dilakukan setiap satu sampai tiga bulan sekali, sementara bagi perempuan yang sudah menopause, itu bisa dilakukan rutin setiap bulan pada tanggal yang sama.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: