Pantau Flash
Hilal Tidak Terlihat, Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Kamis 13 Mei
Kemenag: Tak Ada Referensi Hilal Awal Syawal 1442 H Teramati di Indonesia Secara Astronomis
Masjid Istiqlal Tidak Gelar Salat Ied Tahun Ini
KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai yang Tak Lolos TWK
Kemenparekraf Pastikan Destinasi Wisata Terapkan Prokes saat Libur Lebaran

5 Manfaat Ajaib Madu, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Jerawat

5 Manfaat Ajaib Madu, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Jerawat Ilustrasi madu. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Madu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, manfaat madu sudah sangat dikenal dan ampuh. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah. Sejak dulu, madu telah digunakan sebagai makanan ataupun obat-obatan.

Apa Saja Sih Manfaat Madu Untuk Kesehatan?

Berikut adalah khasiat madu untuk kesehatan yang dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber;

1. Kolesterol 


Ilustrasi madu. (Shutterstock)

Sebuah studi Dubai menemukan bahwa mereka mengkonsumsi 250 mililiter air dengan 75 gram madu alami selama 15 hari akan menurunkan total kolesterol buruk low-density lipoprotein (LDL), dan di saat yang sama meningkatkan kolesterol baik, High-density lipoprotein (HDL).

Baca juga: Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Melakukan Diet

2. Melembabkan kulit


Ilustrasi madu. (Shutterstock)

Madu bertindak sebagai pelembab alami karena molekul gula menahan air di kulit, kata dokter kulit Patricia Farris, MD. Madu disebut dapat menyegel air pada kulit dan meningkatkan kelembaban.

3. Menyembuhkan jerawat


Ilustrasi madu. (Shutterstock)

Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi peradangan dari jerawat, menurut Joey Green, penulis Joey Green's Magic Health Remedies. Untuk melakukan perawatan dengan madu di rumah, Anda cukup mengoleskan madu alami pada jerawat dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: Tak Selalu Negatif, Ternyata Bir Punya 5 Manfaat untuk Tubuh Lho

4. Meredakan sakit tenggorokan


Ilustrasi madu. (Shutterstock)

Selain menyembuhkan batuk, madu juga dapat bertindak sebagai antibakteri ringan yang dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda bisa tuangkan 1/2 cangkir air dengan 1 sendok teh jahe parut, kemudian tambahkan 1/2 perasan lemon dan 1 sendok teh madu. 

5. Meningkatkan gula darah rendah

Ilustrasi madu. (Shutterstock)

Bubuk madu lebih efektif daripada sukrosa atau Maltodekstrin untuk meningkatkan kadar glukosa, menurut sebuah studi dari Journal of International Society of Sports Nutrition.

Sejumlah besar karbohidrat dan protein setelah latihan dapat menyebabkan hipoglikemia pada beberapa orang, tetapi para peneliti menyimpulkan bahwa madu dapat mencegah reaksi seperti itu. Pasien dengan hipoglikemia dapat menggunakan kandungan gula tinggi pada madu untuk memberikan dorongan pada glukosa darah rendah.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: