Pantau Flash
Ditetapkan Sebagai Tersangka, Siscae Akui Lakukan Adegan Asusila di Sejumlah Wilayah di Yogyakarta
Ribuan Kader NU Berdoa untuk Sukseskan MotoGP Sirkuit Mandalika 2022
Presiden Jokowi Perintahkan Pengerahan Bantuan Kesehatan dan Logistik untuk Korban Erupsi Semeru
BPBD Lumajang Sebut Ribuan Orang Mengungsi dan Ratusan Orang Luka-Luka Akibat Erupsi Semeru
BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Terjadi Banjir Rob di Pesisir Sulawesi Selatan Pada 5-7 Desember 2021

5 Obat Alami yang Efektif untuk Mengobati Jerawat Telinga

5 Obat Alami yang Efektif untuk Mengobati Jerawat Telinga Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Jerawat adalah benjolan menjengkelkan tak sedap dipandang yang ditakuti banyak orang karena menyebabkan rasa sakit, iritasi, dan sering meninggalkan bekas pada kulit.

Jerawat biasanya muncul di wajah, punggung, dan dada, tetapi kadang-kadang muncul di dalam telinga. Ketika jerawat terbentuk di telinga, mereka mungkin mengandung nanah. Tetapi mengapa jerawat muncul di telinga?

Penyebab paling umum adalah sekresi minyak berlebih dari kelenjar minyak dan penyebab lainnya adalah infeksi karena tindik telinga, kebersihan yang buruk, peningkatan tingkat stres, reaksi alergi terhadap produk rambut dan sebagainya.

Untungnya, ada solusi alami untuk menghilangkan jerawat dari telinga dan membebaskan Anda dari rasa sakit.

1. Tea Tree Oil


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Minyak yang berasal dari pohon teh adalah bahan yang terkenal untuk mengobati jerawat. Minyak jenis ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati jerawat dan juga mengurangi pembengkakan. Caranya cukup dengan mengencerkan 1 sdt minyak pohon teh dengan 9 sdt air dan aduk rata. Dengan bantuan bola kapas oleskan campuran ini pada jerawat.

Baca Juga: Gengs, Hindari 5 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat Ini!

2. Kompres Air Hangat


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Kompres menggunakan air hangat dapat membantu mengecilkan jerawat di dalam telinga dan menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Panas membuka pori-pori, yang mendorong jerawat lebih dekat ke permukaan kulit dan ini memungkinkan nanah keluar. Caranya cukup dengan merendam kain dalam air hangat dan oleskan pada jerawat selama 10-15 menit. Ulangi ini empat kali sehari.

3. Alkohol


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Alkohol bertindak sebagai agen antiseptik dan desinfektan yang membantu mengobati jerawat di dalam telinga. Caranya dengan mengoleskan sedikit alkohol ke kapas. Tepuk-tepuk kapas dengan lembut di sekitar jerawat. Lakukan ini dua kali sehari.

Baca Juga: 5 Makanan Jitu Buat Usir Jerawat Bandel

4. Teh Hijau


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Teh hijau mengandung sifat antioksidan, antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat mengobati dan menyembuhkan area yang terkena jerawat dan mengurangi peradangan. Caranya celupkan kantong teh hijau ke dalam air panas selama satu menit. Keluarkan kantong dari air dan peras air yang berlebih. Letakkan di atas jerawat selama 10 menit. Lakukan ini dua kali sehari.

5. Cuka Sari Apel


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan zat yang dapat mengobati jerawat dan membuka pori-pori yang tersumbat. Rendam bola kapas dalam sedikit cuka sari apel. Oleskan pada jerawat dan biarkan selama satu atau dua menit. Lakukan ini tiga kali sehari.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: