Pantau Flash
Jokowi: Dibandingkan Kematian Rata-rata Dunia, Kita Masih Lebih Tinggi
Jokowi Perintahkan Rencana Vaksinasi COVID-19 Rampung dalam 2 Pekan
Gempa M 5,3 Guncang Sumba Barat NTT, Terasa hingga Denpasar dan Mataram
10 Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Tarakan
DKI Jakarta Jadi Penyumbang Terbanyak Pasien Sembuh COVID-19

5 Obat Rumahan untuk Kaki Bengkak Selama Kehamilan

5 Obat Rumahan untuk Kaki Bengkak Selama Kehamilan Kaki Bengkak saat Hamil. (Foto: iStock)

Pantau.com - Kaki adalah bagian dari tubuh yang paling banyak mendapatkan beban selama proses kehamilan. Tubuh Anda memproduksi hampir 50% lebih banyak cairan dan darah selama kehamilan yang dapat menyebabkan tangan, kaki, wajah dan kaki membengkak. Sebagian besar wanita mengalami pembengkakan di bagian tubuh mereka sekitar 5 bulan setelah kehamilan, yang mungkin berlanjut sampai melahirkan.

Salah satu alasan utama kaki bengkak selama kehamilan adalah retensi cairan. Selain itu, kapiler di kaki Anda membesar karena tekanan tambahan dari bayi Anda, sehingga menyebabkan kaki bengkak. Jika Anda perhatikan bahwa kaki Anda lebih bengkak pada waktu-waktu tertentu daripada yang lain, itu mungkin karena beberapa alasan.

Namun, ada banyak pengobatan rumahan yang tersedia bagi Anda untuk membantu mengelola masalah ini. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda coba dalam mengatasi masalah pembengkakan pada kaki selama kehamilan.

1. Berolahraga Secara Teratur

Memimpin gaya hidup yang tidak aktif tidak dianjurkan selama kehamilan. Di sisi lain, penting untuk tidak terlalu aktif karena berada di kaki Anda untuk sebagian besar hari hanya akan memperburuk keadaan bagi Anda. Olahraga ringan akan membantu sirkulasi darah dan cairan, mengurangi kemungkinan kaki bengkak.

Baca Juga: 7 Tanda Mengejutkan Seputar Tekanan Darah Rendah yang Tidak Boleh Diabaikan

2. Rendam Kaki dalam Air Garam

Mencelupkan kaki Anda dalam air hangat dengan garam Epsom dikenal sangat menenangkan dan obat yang paling ampuh untuk kaki bengkak. Garam akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengarahkan darah menjauh dari kaki Anda, sehingga mengurangi pembengkakan.

3. Kurangi Asupan Kafein

Kafein meningkatkan retensi air dalam tubuh Anda, yang merupakan salah satu penyebab utama kaki bengkak. Selain itu, kelebihan kafein membuat Anda lebih sering buang air kecil, yang mengakibatkan dehidrasi. Anda dapat mengganti minuman berkafein dengan teh herbal hangat sebagai gantinya.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium akan membantu Anda mengelola tingkat air dan garam, sehingga mengurangi kesempatan Anda bengkak. Makanan seperti pisang, bayam, ara, dan alpukat adalah sumber potasium yang baik.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

5. Makan Jeruk dan Semangka

Jeruk dan semangka kaya akan cairan dan vitamin C akan membantu tubuh Anda menjaga keseimbangan elektrolit yang sempurna. Buah-buahan ini bertanggung jawab untuk menjaga Anda tetap terhidrasi juga. terhidrasi juga.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: