Pantau Flash
Karawang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Akibat Banjir
Akibat Larangan Arab Saudi, Garuda Indonesia Akan Bawa Pulang Jamaah Umrah
Mencekam! 3 Babon Kabur dari Truk Penangkaran
Seorang Pemain Liga Italia Positif Terinfeksi Virus Korona
Bareskrim Terus Kembangkan Penyidikan Kasus Penipuan Putri Arab Saudi

6 Masalah Ini Muncul Akibat Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi

6 Masalah Ini Muncul Akibat Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi Ilustrasi tusuk gigi. (Pixabay)

Pantau.com - Ada saat-saat ketika Anda makan sesuatu dan tersangkut di antara gigi. Untuk menghilangkannya, beberapa orang memiliki kebiasaan menggunakan tusuk gigi. 

Tetapi apakah menggunakan tusuk gigi aman? Nah, ini mungkin pertanyaan yang ada di benak mereka. Menurut para ahli, menggunakan tusuk gigi tidak sehat. 

Tusuk gigi yang kita dapatkan di pasaran saat ini terbuat dari plastik atau kayu. Sesekali ketika Anda menggunakannya dengan lembut itu bisa baik-baik saja. Tetapi ketika Anda menggunakan tusuk gigi secara teratur dan agresif pada gigi Anda, itu dapat menimbulkan bahaya baik bagi gigi maupun gusi. Dilansir Boldsky, berikut beberapa alasan mengapa seseorang harus berhenti menggunakan tusuk gigi. 

Baca juga: Membersihkan Sisa Makanan Lebih Baik Menggunakan Tusuk Gigi atau Benang? 


Ilustrasi tusuk gigi. (Pixabay)

1. Penyebab Abrasi

Ketika Anda terus menyodok di antara gigi untuk menghilangkan partikel makanan yang tertinggal, itu menyebabkan abrasi dan juga menyebabkan pendarahan. Jika ini berlangsung lama, dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh rangkaian gigi.

2. Penyakit Gusi

Menggunakan tusuk gigi hanya sekali saja bisa baik-baik saja, tetapi sering menggunakan dapat mempengaruhi tidak hanya gigi tetapi gusi juga. Jika tidak diobati, ini dapat menyebabkan penyakit gusi.

Ilustrasi tusuk gigi. (Pixabay)

3. Jarak Antar Gigi

Ketika tusuk gigi sering digunakan di tempat yang sama, itu menciptakan ruang di antara dua gigi. Ini akan semakin memperburuk kondisi dan ada kemungkinan lebih banyak makanan tersangkut di antara dan menyebabkan pembentukan rongga.

Baca juga: 5 Tips Perawatan Alami untuk Mencegah Sakit Gigi

4. Kerusakan Enamel Gigi

Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi, dalam prosesnya mereka juga cenderung mengunyah tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Ini menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

Ilustrasi tusuk gigi. (Pixabay)

5. Merusak Akar Gigi

Sering menggunakan tusuk gigi tidak hanya mempengaruhi gusi tetapi ketika gusi dipindahkan dari posisi yang sebenarnya, itu menyebabkan kerusakan pada akar gigi juga. Ini menyebabkan rasa sakit pada beberapa kasus.

6. Bau mulut

Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Jadi ketika makanan ini ada di sana untuk jangka waktu yang lebih lama dan ketika ini dihilangkan dengan menggunakan tusuk gigi, itu memancarkan bau mulut juga.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: