Pantau Flash
Pemkot Surabaya Diharapkan Bisa Beli Mobil PCR Seharga Rp10 Miliar
Coppa Italia Jadi Pembuka Kompetisi Sepakbola di Italia
Kemenperin Berkomitmen Kawal Investasi di Indonesia
Nissan Pastikan Tutup Pabrik di Indonesia
Pemerintah Segera Terbitkan Protokol Latihan dan Kompetisi Olahraga

6 Penyakit yang Ditimbulkan Karena Pemakaian Pasta Gigi

6 Penyakit yang Ditimbulkan Karena Pemakaian Pasta Gigi ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Pasta gigi yang Anda gunakan setiap hari, di pagi dan malam hari dapat memengaruhi kesehatan Anda secara negatif. Pasta gigi konvensional mengandung bahan kimia berbahaya yang ditambahkan, yang digunakan dengan tujuan membuat produk lebih rapi dan cocok untuk digunakan. 

Sekarang, Anda harus berpikir bahwa mengapa pasta gigi bisa membuat orang sakit, karena hanya dibuang dari mulut begitu gigi disikat dan tidak ditelan, bukan? Ya, memang benar bahwa kami memuntahkannya, tetapi bahan kimia berbahaya yang ada dalam pasta gigi masih bisa masuk ke tubuh Anda dan mencapai darah, di mana itu dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada organ-organ tubuh. 

Ketika kita menyikat mulut menggunakan pasta gigi, bahan kimia yang ada dalam pasta dapat menembus kulit rongga mulut dan dari sana masuk ke dalam tubuh. Zat kimia ini berpotensi memasuki darah melalui kulit mulut dan mulai terakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan efek samping tertentu dalam waktu.

Pasta gigi tidak lain adalah campuran dari berbagai bahan kimia yang membantu mencerahkan senyum Anda (dan meningkatkan kesehatan mulut Anda). Namun, tidak semua bahan kimia yang digunakan dalam tabung pasta gigi ini baik untuk kesehatan Anda.

Bahan kimia ini dapat mempengaruhi kesehatan Anda dalam beberapa cara dan memicu masalah kesehatan. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh penggunaan pasta gigi dengan bahan kimia yang berbahaya.

1. Masalah Tiroid

Kehadiran triclosan dalam pasta gigi Anda dapat menyebabkan masalah tiroid, masalah jantung dan kanker. 

2. Masalah Otak, Ginjal dan Jantung

Pasta gigi konvensional juga mengandung zat yang dikenal sebagai polietena glikol (polietena), yang tidak lain adalah plastik biasa. Zat kimia ini beracun bagi tubuh dan dapat merusak otak, ginjal, dan jantung. 

3. Penurunan IQ Pada Anak

Pasta gigi juga mengandung bahan kimia umum yang dikenal sebagai fluoride, yang merusak gusi, menurunkan IQ pada anak-anak; dan jika digunakan oleh wanita hamil, itu dapat menyebabkan masalah tiroid, kerusakan tulang dan masalah perut. 

4. Ketidakseimbangan Mulut & Hormon

Ada zat yang ditambahkan dalam pasta gigi yang bertindak sebagai sabun, yang dikenal sebagai natrium lauril sulfat. Zat ini menyebabkan sariawan, iritasi kulit dan ketidakseimbangan hormon. 

5. Gas dan Kembung

Tabung pasta gigi juga mengandung zat manis yang dikenal sebagai sorbitol, yang sulit dicerna dan dimetabolisme oleh tubuh. Ini dapat menyebabkan diare, gangguan pencernaan, gas dan kembung di dalam tubuh. Sorbitol juga mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh. 

6. Diabetes dan Penambahan Berat

Pasta gigi mengandung aspartam (gula buatan) dan penelitian menunjukkan bahwa gula nol kalori ini dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan obesitas

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: