Pantau Flash
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik
China Pecat Sejumlah Pejabat Pasca Pasien Korona di Penjara Meningkat
WNI yang Dievakuasi dari Kapal Diamond Princess Langsung Dikarantina
Persija Hadapi Tim Singapura dalam Tajuk 'The Dream Team'
Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial Seluas 73,6 Ribu Hektar

8 Makanan Sumber Fosfor untuk Menu Harian Anda

8 Makanan Sumber Fosfor untuk Menu Harian Anda ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Fosfor adalah mineral penting dan mineral paling berlimpah kedua yang ditemukan dalam tubuh manusia. Mineral ini membantu membangun tulang dan gigi yang kuat dan mengubah makanan menjadi energi dengan memainkan peran utama dalam menjaga metabolisme Anda tetap berjalan. 

Organ vital tubuh, yaitu otak, jantung, ginjal, dan hati, semuanya bergantung pada fosfor untuk menjaga tubuh berfungsi dengan baik. Mineral ini juga memainkan peran penting dalam struktur kerangka dan membantu menyeimbangkan hormon secara alami. 

Fosfor adalah mineral penting yang membentuk sekitar 0,5 persen dalam tubuh bayi dan sekitar 1 persen tubuh orang dewasa. Fosfor sangat mudah diserap di usus kecil, terutama dibandingkan dengan mineral lain. 

Kekurangan fosfor akan menyebabkan tulang lemah, osteoporosis, perubahan nafsu makan, nyeri otot, kerusakan gigi, kegelisahan, penurunan atau penambahan berat badan dan masalah pertumbuhan dan perkembangan lainnya.

Berikut ini 8 sumber makanan sehat dengan memiliki kandungan fosfor melimpah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan dan Sumber Makanannya

1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber protein dan fosfor yang baik. 1 cangkir kedelai mengandung 1309 mg fosfor yang akan memenuhi 131 persen dari asupan fosfor harian Anda. Kedelai juga mengandung mineral lain seperti tembaga, mangan, seng, kalsium, dan lainnya.

2. Oat 

Oat adalah makanan sarapan favorit bagi banyak orang, karena mengandung fosfor dan serat yang membantu mencegah sembelit dan mengatur tekanan darah dengan menjaga kadar gula darah stabil. 1 cangkir gandum mengandung 816 mg fosfor yang akan memenuhi 82 persen dari asupan fosfor harian Anda.

3. Almond

Kacang almond kaya akan fosfor, kalsium, vitamin E, protein dan serat yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Sekitar 23 almon mengandung 137 mg fosfor yang akan memenuhi 14 persen dari asupan fosfor harian Anda.

4. Telur

Telur penuh dengan vitamin dan mineral, yang meliputi fosfor, protein, vitamin B2 dan nutrisi penting lainnya. 1 telur sedang mengandung 84 mg fosfor yang akan memenuhi 8 persen dari asupan fosfor harian Anda.

5. Tuna

Ikan tuna adalah sumber yang kaya akan asam lemak fosfor dan omega-3 yang merupakan makanan yang bagus untuk kesehatan jantung. Tuna kaya protein, rendah kalori dan 1 tuna kalengan mengandung 269 mg fosfor yang akan memenuhi 27 persen dari asupan fosfor harian Anda. 

6. Nasi Merah

Beras merah merupakan sumber fosfor, magnesium, dan mineral penting lainnya, yang sangat baik untuk kesehatan jantung. 1 cangkir beras merah mengandung 185 mg fosfor yang akan memenuhi 62 persen dari kebutuhan fosfor harian Anda.

Baca Juga: 8 Makanan Kaya Vitamin B2 dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

7. Dada Ayam

Dada ayam adalah daging tanpa lemak, yang merupakan sumber fosfor dan protein yang baik yang membantu membangun otot dan menjaga jaringan tulang. ½ dada ayam mengandung 196 mg fosfor yang akan memenuhi 20 persen dari asupan fosfor harian Anda. 

8. Kentang

Kentang adalah sumber yang kaya fosfor, kalium dan vitamin C, yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan meningkatkan imunitas. 1 kentang besar mengandung 210 mg fosfor yang akan memenuhi 21 persen dari asupan fosfor harian Anda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: