Pantau Flash
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni

Awas! Makanan Ini Bisa Melemahkan Tubuh Anda

Awas! Makanan Ini Bisa Melemahkan Tubuh Anda Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pada masa pandemi seperti saat ini, semua orang berupaya untuk tetap sehat baik jasmani maupun rohani. Mulai dari giat berolahraga hingga mengkonsumsi makanan sehat dilalukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun kurangnya aktivitas, kurang istirahat, dan tingkat stres yang tinggi adalah sejumlah hal yang dapat mengganggu daya tahan tubuh. Selain itu terdapat sejumlah makanan dan minuman, yang ternyata turut memiliki andil dalam menurunkan daya tahan tubuh.

Baca juga: 4 Cara Hilangkan Kecanduan Junk Food

Berikut ini adalah sejumlah makanan dan minuman yang perlahan-lahan dapat menurunkan daya tahan tubuh, seperti dilansir dari Times of India.

1. Permen dan jelly

Sedikit permen dan jelly memang tidak akan membahayakan. Mengkonsumsi sedikit kudapan manis ini tidak hanya dapat memanjakan lidah, namun juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan mood seseorang.

Kendati demikian, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan efek jangka panjangnya dapat melemahkan sel darah putih dalam mempertahankan antibodi dan melawan infeksi. Oleh sebab itu terlalu banyak mengkonsumsi gula dalam jangka panjang dapat melemahkan sistem imun serta memicu penyakit seperti diabetes dan kolesterol.

2. Stroberi

Buah beri memang memiliki vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Namun segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan justru membawa dampak buruk bagi tubuh.

Stroberi memiliki kandungan yang disebut histamin, yang memicu penyumbatan saluran pernapasan. Peningkatan histamin dalam tubuh dapat meningkatkan rasa tidak nyaman dan memperburuk kondisi saluran napas apalagi bila seseorang memiliki masalah sinus.

3. Kopi

Sebagian besar orang memulai hari dengan mengkonsumsi kopi bahkan ada yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Kopi memang tidak hanya dapat membantu seseorang untuk lebih fokus, namun juga dapat dijadikan minuman santai sambil bercengkrama bersama teman.

Akan tetapi mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena dapat menyebabkan kembung dan rasa mulas pada sebagian orang. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga memicu dehidrasi. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat diuretik yang dapat membuat Anda merasa terhidrasi namun merasa mual pada saat yang bersamaan.

4. Keripik kentang

Keripik kentang adalah kudapan yang paling digemari oleh banyak orang. Sebungkus keripik kentang hanya mampu memanjakan mulut Anda, tapi dapat membahayakan kesehatan.

Keripik kentang banyak mengandung garam dan minyak yang membuatnya menjadi sangat nikmat dan adiktif. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi garam dan minyak dapat melemahkan sistem imun dan memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Baca juga: Ini Alasan Sebaiknya Hindari Minuman Manis saat Sahur

5. Es krim

Es krim adalah salah satu kudapan yang digandrungi oleh banyak orang. Kudapan manis ini dipenuhi oleh krim tinggi lemak dan susu, yang menjadikan es krim sebagai kudapan dengan kandungan lemak tertinggi.

Terlepas dari tingginya kandungan gula di dalam es krim, kudapan manis ini dapat memicu peradangan dan meningkatkan kadar gula darah yang membahayakan kesehatan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: