Pantau Flash
Nissan Pastikan Tutup Pabrik di Indonesia
Pemerintah Segera Terbitkan Protokol Latihan dan Kompetisi Olahraga
Dinkes Jakpus Pendatang Tanpa SIKM Harus Tes Swab Biaya Sendiri
Upacara Tetap Digelar di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020
Presiden Jokowi Kaji Prioritas Usulan 245 Proyek Strategis Nasional Baru

Dari Mata hingga Jantung, Ini 5 Manfaat Konsumsi Buah Kiwi

Dari Mata hingga Jantung, Ini 5 Manfaat Konsumsi Buah Kiwi Ilustrasi buah kiwi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Buah kiwi adalah buah lezat yang dibawa dari Cina ke Selandia Baru selama awal abad ke-20. Buah kiwi memiliki daging hijau terang di bagian dalam dan kulit coklat di bagian luar. 

Buah yang kaya akan serat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari merawat mata, hingga meningkatkan sistem imun. Berikut lima manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh yang dirangkum Pantau.com dari Boldsky.

1. Meningkatkan kesehatan jantung


Ilustrasi buah kiwi. (Pixabay)

Buah kiwi kaya vitamin C dan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kiwi sehari-hari dapat mengurangi kemungkinan oksidatif stres yang mengarah ke berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung.

Baca juga: Atasi Stres dengan Rutin Minum Jus Buah Delima

2. Membantu dalam pencernaan


Ilustrasi buah kiwi. (Pixabay)

Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin yang dikenal dengan sifat pelarutan protein. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak kiwi yang penuh dengan serat dapat meningkatkan pencernaan dan menjaga masalah pencernaan.

3. Melindungi mata 


Ilustasi buah kiwi. (Pixabay)

Buah kiwi merupakan sumber phytochemicals yang baik --yang membantu dalam mencegah degenerasi makula. Vitamin A dan fitokimia yang terkandung dalam buah kiwi dapat melindungi mata dari katarak dan gangguan penglihatan, dengan demikian dapat merawat mata.

Baca juga: Menghirup Aroma Lemon Ternyata Bisa Bikin Langsing Lho!

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Ilustrasi buah kiwi. (Pixabay)

Kehadiran vitamin C dalam buah kiwi membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Physiology and Pharmacology menunjukkan bahwa buah kiwi memperkuat kekebalan dan mengurangi kemungkinan penyakit seperti flu. 

5. Meningkatkan kualitas tidur


Ilustrasi buah kiwi. (Pixabay)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition telah mengungkapkan bahwa buah kiwi mengandung antioksidan yang telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi angguan tidur seperti insomnia.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW