Pantau Flash
6 Direktur Barcelona Mundur Imbas Konflik Internal
Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Mencapai 3.000 Meter
Kasus Positif Korona Jakarta Capai 1.719: 155 Meninggal dan 82 Sembuh
Derby della Madoninna Pindah ke Lapangan Virtual
Bamsoet Minta Masyarakat Kerja Sama dengan Pemerintah Guna Atasi Korona

Ini 7 Makanan Kaya Nutrisi yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ini 7 Makanan Kaya Nutrisi yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh Ilustrasi sup ayam. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jelang musim penghujan, ada baiknya Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit seperti influenza dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, setidaknya ada tujuh makanan kaya nutrisi yang perlu Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan, terutama bila terserang influenza.

Baca juga: 6 Manfaat Jus Tebu bagi Kesehatan, Salah Satunya Obati Diabetes

1. Sup ayam

Sup ayam cukup ampuh untuk menangkis influenza karena tidak hanya menyediakan cairan yang dibutuhkan untuk membantu melawan virus. Sup itu juga mampu membantu mengatasi hidung tersumbat. Sup ayam dianggap memiliki efek anti-inflamasi ringan sehingga dapat membantu meringankan gejala influenza. 

2. Bawang bombay atau bawang putih

Dua jenis bahan masakan yang aromatik itu banyak mengandung senyawa antiseptik dan dapat meningkatkan imunitas.

3. Jamur

Jamur dapat meningkatkan produksi sitokin atau sel yang membantu melawan infeksi. Jamur juga mengandung polisakarida, senyawa yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jenis jamur yang dianggap paling manjur adalah jamur shitake, maitake dan reishi.

4. Buah Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dosis tinggi yang mampu mengurangi gejala influenza hingga 23 persen. Selain buah jeruk, makanan lain yang memiliki jumlah vitamin C tinggi adalah; pepaya, ubi, labu kuning, tomat, brokoli, kecambah dan paprika merah.

Baca juga: 6 Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Mengonsumsi Suplemen

5. Yoghurt

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir yoghurt rendah lemak setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari virus influenza hingga 25 persen. Yoghurt mengandung bakteri baik seperti lactobacillus reuteri yang terbukti dapat mencegah replikasi virus yang menyerang tubuh ketika kita sakit.

6. Jahe

Selain mampu menenangkan tenggorokan yang gatal, jahe juga memiliki bahan kimia yang disebut sesquiterpen yang dapat menghalau virus influenza, serta zat yang membantu menekan batuk. Jahe juga merupakan pereda nyeri dan demam yang alami sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih mudah untuk beristirahat setelah mengonsumsinya.

7. Madu

Banyak khasiat yang dimiliki oleh madu karena sumber makanan itu memiliki sifat antioksidan dan anti-mikroba untuk membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: