Pantau Flash
Innalillahi, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia
Pemerintah Bantu 150 Bus untuk Urai Antrean Penumpang KRL dari Bogor
Pasien Sembuh dari COVID-19 Bertambah Jadi 35.638
Survei CPCS: Posisi Anies Anjlok sebagai Calon Kuat Pilpres 2024
Rektor Universitas Sumatera Utara Positif COVID-19

Ini Penyebab Mengapa Wanita Lebih Cepat Beruban dari Pria

Ini Penyebab Mengapa Wanita Lebih Cepat Beruban dari Pria Ilustrasi Rambut Beruban. (Foto: iStock)

Pantau.com - Warna rambut akan berubah seiring bertambahnya usia menjadi abu-abu atau putih. Terkait hal itu ada perbedaan antara pria dan wanita. Ternyata rambut wanita berubah memutih lebih cepat ketimbang pria. Mengapa ini bisa terjadi ?

Sekelompok ilmuwan dari Inggris menemukan jawabannya bahwa penelitian skala besar menemukan bahwa gen dan gaya hidup wanita lebih berpotensi menyebabkan rambut memutih atau beruban.

Baca Juga: Tak Hanya Faktor Umur, Ini 5 Penyebab Munculnya Uban

Perbedaan ini berasal dari teori yang lebih awal bahwa tingkatan rambut memutih itu dalam diri seseorang disadari karena faktor negatif seperti tingkat kesehatan, stres atau diet.

Seperti dikutip "fit sugar" Para periset meneliti lebih dari 200 orang kembar identik dan tidak identik antara usia 59 hingga 81 tahun di Inggris. Kembar identik, yang berbagi gen yang sama memiliki kondisi rambut putih yang identik juga.

Di sisi lain, orang yang tidak kembar identik yang memiliki gen berbeda meiliki tingkatan yang berbeda atas rambut putihnya.

Baca Juga: Hei Kaum Pria, Bekerja Lebih Dari 50 Jam Seminggu Picu Kebotakan Loh!

Temuan itu didanai oleh sebuah perusahaan perawatan rambut dan menegaskan kembali kesimpulannya bahwa wanita beruban disebabkan karena kealamian gen.

Menurut para pakar, kamu tak dapat mengubah genetik dan pengaruhnya pada rambut, meski begitu, beragam jenis perawatan rambut yang tepat dengan kondisi tubuh dan rambut yang sehat akan memperlambat proses rambut berubah menjadi putih.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: