Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Tak Hanya Faktor Umur, Ini 5 Penyebab Munculnya Uban

Tak Hanya Faktor Umur, Ini 5 Penyebab Munculnya Uban Ilustrasi rambut putih. (iStock)

Pantau.com - Uban atau rambut yang berwarna putih memang cenderung lebih mudah muncul pada mereka yang sudah berusia lanjut. Namun ternyata usia bukanlah satu-satunya faktor yang memicu adanya uban. Selain karena pemakaian gel rambut, uban yang muncul saat seseorang masih di usia muda juga disebabkan karena faktor genetik, atau bahkan stres karena rutinitas sehari-hari.

Apa Saja Faktor yang Membuat Warna Rambut Beruban?

Berikut 5 faktor yang membuat warna rambut menjadi kelabu atau memunculkan uban dikutip dari The Healthy.

1. Gen 

gen

Ilustrasi rambut putih. (iStock)

Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang menyebabkan rambut berwarna putih selain karena faktor umur? Gen adalah jawabannya, menurut Doris Day, MD, profesor dermatologi di Ner York University Langone Medical. 

Baca juga: 5 Langkah Membuat Tubuh Tetap Bugar Setelah Duduk Lama

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nature Communications mengisolasi satu varian gen terkait dengan perubahan warna atau dikenal sebagai uban usai peneliti menganalisis sekitar 6.000 rambut di Amerika Latin. Terlepas dari seringnya mewarnai rambut, gen memiliki peran penting dalam mengubah warna rambut Anda, yang juga terjadi pada ibu atau ayah Anda. 

2. Kondisi autoimun

kondisi autoimun

Ilustrasi konsultasi dokter. (iStock)

Penyakit kulit autoimun yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan gelai rambut berwarna cerah. National Alopecia Areata Foundation (NAAF) menjelaskan orang dengan kondisi tersebut dapat menghilangkan rambut di kepala atau tubuh mereka.

"Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda menyerang folikel rambut, yang membuat rambut rontok. Ketika tumbuh kembali, rambut menjadi berwarna putih," kata Dr. Day.

3. Polusi

polusi

Ilustrasi polusi. (iStock)

Polutan adalah racun yang dapat menyebabkan rambut Anda menjadi cepat kelabu atau beruban, menurut Library of Congress. Bahan kimia yang terkandung dalam polusi dapat menghasilkan radikal bebas atau stres oksidatif, yang dapat merusak produksi melanin dan penuaan rambut yang cepat.

4. Stres

stress

Ilustrasi stres. (iStock)

Baca juga: Ini 5 Tanda Anda Mengidap Kanker Otak, Salah Satunya Sakit Kepala

Stres juga menjadi salah satu faktor penyebab rambut beruban. Menurut Dr. Day, stres akan mempercepat proses genetik yang menyebabkan rambut berwarna kelabu. Peneliti menemukan bahwa hormon yang diproduksi sebagai respons terhadap stres bisa menguras melanocyte atau sel punca yang menentukan warna rambut. 

Peneliti menemukan stres yang menyebabkan sel punca meninggalkan folikel rambut kita lah, yang membuat rambut jadi berubah putih.

5. Asap rokok

asap rokok

Ilustrasi rokok. (iStock)

paparan asap rokok ternyata dapat menjadi pemicu putihnya rambut. Penelitian yang diterbitkan pada 2013 menemukan bahwa perokok memiliki 2,5 kali risiko lebih besar untuk rambut beruban, hal itu karena sejumlah besar radikal bebas yang dihasilkan oleh asap rokok. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: