Pantau Flash
KPAI: Ada 4.369 Kasus Pelanggaran Hak Anak Sepanjang 2019
Kemenperin Target 4 Persen Populasi Penduduk Indonesia Berwirausaha
Megawati Akan Umumkan Langsung 50 Pasangan Bakal Cakada 19 Februari 2020
RUU Cipta Kerja Belum Final, Menaker: Ruang Dialog Selalu Terbuka
Menkeu Ancam Akan Tarik Injeksi Modal Rp13 Triliun BPJS Kesehatan

Joko Anwar Berbagi Tips Mempersiapkan Produksi Film yang Baik

Joko Anwar Berbagi Tips Mempersiapkan Produksi Film yang Baik Joko Anwar. (Foto: Instagram/@jokoanwar)

Pantau.com - Sutradara dan penulis skenario film Joko Anwar membagikan tips untuk mereka yang ingin membuat film. Joko Anwar memang dikenal dengan karya-karya filmnya yang memiliki cerita kuat.

Joko membagikan kiat mempersiapkan film lewat Online Class Galaxy Movie Studio, Jumat (27/12/2019). Bagi Joko, pembuat film harus mengeksplorasi kreativitas dan konsisten dalam membuat alur cerita yang relevan dan menarik.

Ide merupakan proses dasar terbentuknya sebuah cerita yang akan dituangkan dalam bentuk naskah. Joko berpendapat ide bisa datang dari mana saja.

"Hal yang paling sederhana yang sering saya lakukan untuk mendapatkan sebuah ide adalah dengan memperhatikan orang sekitar serta kejadian yang ditemui sehari-hari," kata Joko.

Baca juga: Kehabisan Budget, Joko Anwar Promosi 'Perempuan Tanah Jahanam' di Sosmed

Pembuat film diminta jeli untuk menangkap informasi kilat di sekitarnya, misalnya sebelum ide hilang, rekam dalam catatan atau ambil foto dan video.

Jika sudah menemukan ide, Joko berpendapat tidak ada salahnya menceritakan secara lisan ke orang terdekat untuk melihat sudut pandang lain dan membantu memperkaya cerita.

Setelah yakin dengan ide, tuangkan menjadi skenario yang akan menjadi panduan bagi orang-orang yang terlibat dalam produksi film.

"Harus selalu diingat, film yang menarik biasanya berasal dari skenario yang menarik juga. Di dalam skenario tersebut harus memiliki karakter penokohan yang kuat, yang memiliki definisi pandangan hidup yang jelas serta relevan dengan ide awal yang dipilih," kata Joko.

Setelah skenario final selesai, pembuat film akan memasuki tahap persiapan film atau yang populer dengan sebutan pra-produksi. Tahap ini sangat penting, jika tidak dipersiapkan secara matang, akan berpengaruh saat pengambilan gambar di lapangan.

"Hal lain yang juga tidak kalah penting dan harus dicapai adalah untuk menyamakan visi semua orang yang terlibat pada proses serta mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi film tersebut, seperti cast, alat dan sebagainya," kata Joko.

Baca juga: Joko Anwar Butuh Waktu 10 Tahun untuk Buat Film

Menurut Joko, perlu komitmen yang tinggi dari berbagai peran dan kepala departemen yang terlibat dalam produksi film, mulai dari produser, pengarah kamera sampai penata rias dan kostum.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - RYN
Category
Ragam

Berita Terkait: