Pantau Flash
Cair H-10! Sri Mulyani Siapkan Rp30,6 Triliun untuk THR PNS
Muhammadiyah Minta Warga Tahan Diri Tak Mudik Lebaran
Eks Ketua Pengadaan Bakamla Didakwa Rugikan Negara Rp63,829 Miliar
KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, Menhan Prabowo: Segera Modernisasi Alutsista 3 Matra
Update COVID-19 22 April: Kasus Positif Naik 6.243 dengan Total 1.626.812

Mengerikan! Ini Kisah 5 Kapal Hantu Paling Misterius

Mengerikan! Ini Kisah 5 Kapal Hantu Paling Misterius Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Sejak dulu lautan memang memiliki misterinya tersendiri yang tak tersentuh oleh manusia. Berbagai hal aneh hingga menyeramkan terjadi di lautan luas sampai saat ini masih menjadi misteri, termasuk kapal berhantu.

Legenda kapal berhantu sampai saat ini masih terus hidup menjadi cerita di tengah masyarakat. Mereka tetap abadi sebagaimana dengan misteri mereka. Dirangkum dari Readers Digest, berikut adalah kisah kapal berhantu.

Baca juga: 5 Tokoh Terkenal Ini Identitasnya Masih Misterius!

1. Mary Celeste

Ilustrasi (Shutterstock)

Pada 7 November 1872, seorang kapten, istrinya, dan anak perempuannya yang berusia dua tahun, serta tujuh awaknya berangkat dari New York ke Italia dengan kapal Mary Celeste. Sebulan kemudian, mereka seharusnya tiba, tetapi kapal Inggris Dei Gratia melihat perahu itu yang melayang-layang di lautan Atlantik. Para kru pergi ke Mary Celeste untuk membantu siapa pun di dalam kapal, tetapi kapal itu benar-benar kosong.

Makanan selama enam bulan dan barang-barang milik kru masih ada di sana, tetapi sekoci nya hilang. Lantai kapal ditutupi oleh jejak tiga kaki, tetapi kondisi kapal itu jauh dari banjir.  Ini menjadi salah satu kapal hantu paling terkenal di dunia — sebagian besar berkat fakta bahwa Sir Arthur Conan Doyle menggunakan kapal itu sebagai inspirasi untuk cerita pendeknya.

Penjelasan yang paling mungkin tentang kapal ini adalah kapten tidak tahu sejauh mana kerusakan pada kapal terjadi dan memerintahkan kru untuk meninggalkan kapal ketika pertama melihat daratan, tetapi dunia tidak akan pernah tahu pasti.

2. Carroll A. Deering

Ilustrasi (Shutterstock)

Kapal kargo Carroll A. Deering dan sepuluh orang awaknya berhasil mencapai Rio de Janeiro pada tahun 1920, meskipun mereka perlu mengganti kapten yang jatuh sakit. Tetapi sesuatu yang aneh terjadi dalam perjalanan kembali ke Virginia. 

Seorang penjaga kapal di North Carolina mengatakan seorang awak melaporkan kapal itu telah kehilangan jangkarnya, sementara kru lainnya 'berseliweran' dengan curiga.

Sementara itu, kapal lain melihat Carroll A. Deering di dekat Outer Banks pada hari berikutnya. Wilayah ini merupakan jalur yang tak lazim bagi sebuah kapal dalam perjalanan ke Norfolk, Virginia. Tetapi leesokan harinya, sebuah kapal karam terlihat, tetapi kondisi berbahaya membuat simpatisan pergi selama empat hari. Ketika mereka kembali ke kapal itu, mereka menemukan makanan yang disiapkan seolah-olah mereka sedang bersiap-siap untuk makan, tetapi barang-barang pribadi para kru dan sekoci sudah pergi.

3. Jian Seng

Ilustrasi (Shutterstock)

Beberapa kapal hantu sangat misterius, mereka bahkan nyaris tidak memiliki cerita latar belakangnya. Pada 2006, Australian Coastwatch menemukan sebuah kapal mengambang di laut. Kapal itu memiliki tali penarik yang putus, jadi tersesat oleh ombak lautan. Tapi ada yang aneh dari kapal itu, yakni kosong.

Nama Jian Seng tercetak di samping badan kapal, tetapi tidak ada informasi lain untuk mengidentifikasi kapal. Investigasi tidak menemukan catatan kriminal kapal tersebut, tidak ada dokumen atau barang pengenal, dan tidak ada laporan tentang kapal yang hilang. 

Mereka bahkan tidak tahu siapa pemiliknya atau dari mana asalnya. Yang paling mereka tahu adalah bahwa itu mungkin memasok makanan dan bahan bakar untuk kapal penangkap ikan. Pemerintah federal mengikuti petunjuk tentang bajak laut, pemberontakan, dan banyak lagi, tetapi mereka semua tidak membuahkan hasil. 

Baca juga: 5 Kasus Pembunuhan Misterius di Indonesia yang Belum Terungkap

4. The Sam Rataulangi

Ilustrasi (Shutterstock)

Misteri kapal hantu Myanmar ini cukup baru, dan kemungkinan besar telah terpecahkan. Kapal hantu Myanmar (juga dikenal sebagai Burma) adalah kapal angkut Sam Rataulangi PB 1600, dan para nelayan menemukannya di lepas pantai Myanmar. Kapal ini ditemukan kosong dari muatan maupun awak kapal pada Agustus 2018.

Namun, tak lama setelah itu, angkatan laut Myanmar menemukan bahwa kapal barang tersebut sedang dalam perjalanan ke pabrik pemecah kapal untuk dibongkar, ditarik oleh kapal penarik ketika cuaca buruk melanda. Kabel yang menghubungkannya dengan kapal patah, sehingga "kapal hantu Myanmar" ditinggalkan oleh krunya.

5. Kapal hantu Jenny

Ilustrasi (Shutterstock)

Sekarang, kapal hantu ini mungkin salah satu kisah paling mengganggu dari semuanya. Kisah tersebut, yang tidak berdasar, berasal dari kisah anonim tentang kapal perburuan paus yang disebut Hope. Pada tahun 1840, Hope menemukan kapal Jenny, benar-benar beku di Antartika Drake Passage. Awak kapal Jenny masih di atas kapal tetapi mereka membeku sampai mati. Kapten itu membeku di mejanya, di mana entri log terbuka terakhir berbunyi: "4 Mei 1823. Tidak ada makanan selama 71 hari. Hanya aku yang masih hidup."

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW