Pantau Flash
Pemerintah Izinkan Shalat Idul Adha Digelar di Masjid di Luar Zona Merah dan Oranye
Wapres Sebut MUI Terapkan Moderasi dalam Fatwa Vaksin COVID-19
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama
36 Pegawai Kedeputian Penindakan KPK Positif COVID-19
Pos Penyekatan di Jembatan Suramadu Resmi Ditiadakan

Sering Terkena Flu? Ganti Antibiotik Anda dengan 6 Bahan Alami Ini

Sering Terkena Flu? Ganti Antibiotik Anda dengan 6 Bahan Alami Ini ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Pilek dan flu adalah penyakit yang umum menyerang dan kerap terjadi selama musim dingin seperti sekarang. Namun, saat ini masih banyak dari kita yang tetap terpaku pada konsumsi antibiotik untuk menyembuhkannya.

Banyak orang memiliki ketergantungan dengan antibiotik yang dinilai melawan virus flu. Flu dan pilek biasa seharusnya tidak perlu dikhawatirkan, meski memiliki gejala bersin berulang, batuk, dan rasa sakit pada tubuh.

Antibiotik membuat Anda akan merasa malas bahkan untuk mengonsumsi makanan atau melakukan pekerjaan. Bahkan, mengkonsumsi antibiotik tanpa bimbingan medis bisa lebih merugikan. Bukan berarti setiap antibiotik paling cocok untuk setiap individu.

Seperti pilihan kita, tipe tubuh kita juga sangat berbeda, jadi tidak semua antibiotik cocok untuk Anda. Selain itu, beberapa antibiotik dapat menyebabkan efek buruk seperti alergi kulit, atau mereka dapat membuat Anda merasa lebih lemah juga.

Terlebih lagi, jika antibiotik seperti itu dikonsumsi selama bertahun-tahun, maka tubuh kita menjadi kebal terhadapnya, dan itu mungkin tidak bekerja dalam kebutuhan sebenarnya.

Untuk menghindari efek buruk seperti itu, disarankan untuk menukar antibiotik dan mengikuti beberapa pengobatan rumahan untuk menyembuhkan pilek dan flu. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik.

1. Air Garam

Jika paru-paru dan dada Anda sakit akhir-akhir ini karena batuk dan kemacetan yang luar biasa, maka kumur air garam adalah salah satu solusi yang paling cocok untuk membersihkan lendir dari saluran pernapasan. Ini memberikan bantuan untuk sakit tenggorokan Anda dan membantu Anda menelan makanan Anda. Tetapi terlihat bahwa sebagai obat, kebanyakan orang memilih obat batuk atau sirup obat batuk, yang menyebabkan tidur dan membuat Anda merasa lemah. Jadi, sebagai gantinya, dalam segelas air hangat, tambahkan setengah sendok teh garam dan kumur setidaknya empat kali untuk hasil yang lebih baik. 

Baca Juga: Lagi Terkena Flu? Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Ya!

2. Air Putih

Air adalah elemen penting dari tubuh kita, yang membantu metabolisme yang baik dan mengeluarkan partikel toksin dari tubuh kita. Ketika seseorang terkena flu dan flu biasa, sangat penting untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Ini karena dalam kasus demam, tubuh kita kehilangan jumlah cairan berikutnya dan dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi, minumlah air hangat atau banyak sup yang akan memberi Anda kekuatan dan membuat Anda tetap terhidrasi juga. 

3. Jahe dan Madu

Baik jahe dan madu memiliki sifat obat yang membantu dalam mengobati flu dan pilek. Jahe dan madu dapat meredakan sakit tenggorokan dan bertindak sebagai penekan batuk alami. Mencampurkannya dengan madu meningkatkan efektivitas dan kenyamanan tubuh Anda. Untuk ini, rebus secangkir air dan tambahkan parutan jahe (1-2 inci) di dalamnya. Biarkan dingin dan tambahkan satu sendok madu ke dalamnya. Campur dengan baik dan minum ini dua kali sehari dan sebelum tidur untuk tidur nyenyak.

4. Kunyit

Nilai obat kunyit terkenal untuk mengobati flu dan pilek. Kunyit memiliki antioksidan kuat yang membantu memerangi virus inang. Menambahkannya ke susu hangat atau mengkonsumsinya dengan madu dapat terbukti efektif. Untuk ini, dalam secangkir susu hangat, tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan aduk rata. Miliki sebelum tidur untuk memberikan penyembuhan cepat. Anda bahkan dapat mencampur sendok bubuk kunyit dengan 100 g madu dan menyimpannya dalam wadah. Konsumsilah sendok campuran ini setidaknya 5-6 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

5. Kayu Manis

Kayu manis terdiri dari antioksidan dan khasiat untuk melawan bakteri. Mengalami demam, batuk dan pilek, akan membantu meredakan batuk kronis dan menghilangkan sinus. Untuk ini tambahkan 1 sendok makan madu hangat dengan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis dan memilikinya dua kali sehari. Ulangi proses ini sampai kemacetan teratasi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Lebih Mudah Terkena Flu

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa digunakan untuk beberapa tujuan, salah satunya adalah memberikan bantuan lebih cepat dari flu biasa. Minyak ini mengandung asam laurat dalam jumlah tinggi yang membantu melarutkan lapisan lipid di sekitar virus dan menghilangkannya dari tubuh. Untuk hasil yang lebih baik targetkan memiliki 5-6 sendok minyak kelapa dalam makanan Anda atau campur dengan teh panas dua kali sehari. Jadi, ini adalah beberapa metodologi alami yang dapat membantu dalam mengobati pilek dan flu dan menghilangkan kebutuhan antibiotik dosis tinggi untuk mengobati yang sama.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: