Forgot Password Register

3 Faktor yang Menyebabkan Gigi Menguning

3 Faktor yang Menyebabkan Gigi Menguning Ilustrasi gigi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Miliki gigi kuning memang jadi beban tersendiri, sering kali membuat si empunya tidak percaya diri untuk tersenyum kepada orang lain yang ujung-ujungnya disangka memiliki wajah jutek.

Tapi tahukan kamu, ada tiga faktor yang membuat gigi berwarna kuning, sebagaimana dilansir Pantau.com pada laman Livesciene, Jumat, (12/10/2018).

1. Noda ekstrensik

Noda ini biasanya didapati dari asupan makanan yang dikonsumsi menempel di lapisan keras bagian luar gigi.

"Penyebab utama gigi menguning adalah gaya hidup," ujar Dr Justin Philipp dari J Philipp Dentistry, Chandler, Arizona.

Penyumbang terbesar adalah kebiasaan merokok, minum kopi, teh dan mengunyah tembakau sebuah pelanggaran besar untuk gigi.

Baca juga: Membersihkan Sisa Makanan Lebih Baik Menggunakan Tusuk Gigi atau Benang?

Selain itu makanan lainnya yang biasanya mengandung pigmen pewarna baik secara alami atau buatan. Cara mengetesnya mudah, karena segala sesuatu yang mengotori baju dapat membuat gigi kuning.

2. Noda intrinsik

Noda ini biasanya mempengaruhi bagian dalam gigi lunak dan sensitif, noda ini lebih sulit dihilangkan dibanding noda yang ada di dalam gigi.

Biasanya didapat akibat konsumsi obat seperti antibiotik tetracycline atau doxycycline pada anak dan ibu hamil juga membuat gigi bayi berubah warna. Bahkan penting untuk berhati-hati menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine, minocycline pada obat jerawat.

Baca juga: Ini Penjelasan Medis Gula Menjadi Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Perawatan kemoterapi saat proses radiasi di kepala dan leher juga menyebabkan hal yang serupa. 

3. Penyebab tambahan

Ini yang mungkin sulit, diubah yakni keturunan genetika, yaitu ketidaksempurnaan pada dentinogenesis dan amelogenesis imperfekta merupakan dua kelainan bawaan yang membuat gigi berkembang tidak sesuai dan menyebabkan perubahan warna.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More