Forgot Password Register

32 Orang Tewas Akibat Kerusuhan oleh Napi ISIS di Penjara Tajikistan

32 Orang Tewas Akibat Kerusuhan oleh Napi ISIS di Penjara Tajikistan Ilustrasi penjara. (Foto: Reuters/Jorge Silva)

Pantau.com - Tiga penjaga penjara dan 29 narapidana tewas di sebuah penjara dengan keamanan tinggi di Tajikistan, usai kerusuhan yang dipicu oleh tahanan militan ISIS, menurut Departemen Kehakiman pada Senin (20/5/2019).

Kementerian menyatakan kerusuhan tersebut pecah pada Minggu, 19 Mei 2019, di sebuah penjara lokal di Kota Vakhdat, 10 kilometer dai timur Ibu Kota Dushanve.

Para militan ISIS itu dilaporkan memiliki senjata tajam, yang kemudian memicu kerusuhan dengan menewaskan tiga penjaga dan lima tahanan lainnya.

Baca juga: Kalah di Medan Perang, ISIS Mulai Bab Baru Teror di Sejumlah Wilayah

Salah satu dalang kerusuhan itu, yakni Bekhruz Gulmurod, anak dari Gulmurod Khalimov, seorang kolonel pasukan khusus Tajik yang membelot ke negara Islam pada tahun 2015, dan sejak itu dilaporkan ia telah dibunuh di Suriah, seperti dilansir Reuters, Senin (20/5/2019).

"Pasukan keamanan telah membunuh sekitar 24 militan dan segera memulihkan ketertiban di penjara yang memiliki sekitar 1.500 narapidana itu," demikian pernyataan Kementerian.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas kerusuhan yang terjadi di penjara Tajik lainnya pada November lalu, yang diikuti dengan serangan mematikan oleh para militannya pada turis Barat pada Juli 2018.

Baca juga: Polisi Temukan Kamp yang Diduga Markas Pelatihan ISIS di Sri Lanka

"Serangan itu sebagai respons terhadap seruan untuk menargetkan warga negara koalisi," demikian pernyataan kelompok ekstremis, seperti dikutip Deutsche Welle.

Tajikistan merupakan negara bekas Republik Soviet ini terkurung dalam daratan yang berbatasan dengan Afghanistan, China, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More