Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

4 Butir Kesepakatan Akhiri Polemik KPAI dengan PB Djarum

4 Butir Kesepakatan Akhiri Polemik KPAI dengan PB Djarum Konferensi Pers KPAI dan PB Djarum di Kemenpora (Foto: Antara)

Pantau.com - Polemik antara KPAI dengan PB Djarum perihal eksploitasi anak dalam Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis akhirnya menghasilkan jalan tengah.

Kesepakatan tercapai berkat pertemuan yang digelar oleh Menpora, Imam Nahrawi, Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto, Ketua KPAI Susanto, dan Komisioner KPAI Sitty Hikmawatty di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Ketiga pihak akhirnya merilis empat kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut. Adapun poin penting yang menjadi perhatian, yakni PB Djarum sepakat untuk tidak menggunakan logo, merek, atau brand image perusahaan di kostum peserta. Karena ini sesuatu yang dipermasalahkan oleh KPAI.

Baca juga: Sepakat Akhiri Polemik, KPAI Akhirnya Cabut Pelarangan Audisi PB Djarum

Sebelumnya diberitakan, PB Djarum mengumumkan akan menghentikan audisi umum bulu tangkis pada 2020, sehingga penyelenggaraan tahun ini akan jadi yang terakhir.

Karena itu, kedua belah pihak baik PB Djarum dan KPAI sepakat mengeluarkan empat butir kesepakatan. Berikut empat butir kesepakatan tersebut:

1. Para pihak yang beberapa waktu terakhir ini berpolemik tentang masalah Audisi Bulu Tangkis Djarum (KPAI dan Djarum Foundation) telah mengadakan pertemuan yang dipimpin oleh Menpora dengan tujuan untuk mencari solusi agar Audisi Bulu Tangkis tetap berkesinambungan dengan sejumlah catatan penting dan harus sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Alasan utama adanya kesinambungan Audisi Bulu Tangkis ini adalah dengan mempertimbangkan adanya ketersediaan atlet bulu tangkis usia muda secara selektif dan berjenjang dalam berkontribusi bagi proses pembibitan atlet bulu tangkis nasional, karena cabor bulu tangkis masih menjadi salah satu cabang olahraga penyumbang utama perolehan medali di sejumlah event olahraga internasional.

3. Atas dasar poin nomor satu dan dua di atas, maka disepakati hal sebagai berikut:

a. Djarum Foundation:

PB Djarum sepakat untuk mengubah nama yang semula Audisi Umum Beasiswa PB Djarum 2019 menjadi Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis tanpa menggunakan logo, merek, dan brand image Djarum.

b. KPAI:

KPAI sepakat untuk mencabut surat KPAI tanggal 29 Juli 2019 tentang permintaan penghentian Audisi Djarum.

4. Kemenpora, KPAI, dan PBSI sepakat memberikan kesempatan kepada PB Djarum untuk konsolidasi secara internal guna melanjutkan audisi di tahun 2020 dan seterusnya dengan mengacu pada kesepakatan yang telah diambil pada pertemuan hari ini tanggal 12 September 2019 bertempat di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dipimpin Menpora.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga