Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

5 Keteladanan BJ Habibie Ini Wajib Banget Kamu Tiru!

5 Keteladanan BJ Habibie Ini Wajib Banget Kamu Tiru! BJ Habibie. (Foto: Antara/Andika Wahyu)

Pantau.com - Presiden RI ke-3 BJ Habibie dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019), sekitar pukul 18.05 WIB. Habibie mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun.

Tak usah lagi diragukan semasa Habibie hidup ia banyak memberikan inspirasi bagi anak-anak Indonesia. Bagaimana riwayat hidup BJ Habibie?

Berikut Pantau.com berikan sifat dan sikap yang bisa kamu petik dari seorang BJ Habibie.

1. Mencintai Tanah Air

Habibie memang dikenal dengan kepintarannya tak ayal kejeniusannya itu disukai oleh negara Jerman hingga pada akhirnya beliau menjadi vice president di tempat ia bekerja yaitu Messerschmitt-Bölkow- Blohm atau MBB. Nah yang patut kamu-kamu teladani adalah kecintaannya terhadap tanah air dimana mesko dirinya berkerja di Jerman ia tak ragu atau pikir-pikir lagi ketika diminta untuk pulang ke Indonesia. Bahkan ia tak ragu juga memajukan bangsanya dengan pengetahuannya di bidang teknologi.

BJ Habibie pulang setelah melepas jabatannya di MBB dan menjadi Meteri Ristek kemudian menjadi pensehat presiden dan kemudian selama 1.5 tahun menjabat sebagai presiden.

Baca juga: BJ Habibie Wafat, Jokowi di RSPAD: Beliau Ilmuwan Kelas Dunia

2. Jujur, Berani dan Profesional

Buat kamu yang belum tahu Presiden ke-3 kita ini ia paling berani memberantas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) yang memang pada zaman orde baru lagi merajarelanya, salah satu pelakunya adalah tommy soeharto yang terjerat kasus korupsi.

Padahal Fakta Soeharto adalah seorang yang dekat dengan beliau namun ia tidak memandang itu, sebab kejujuran dan keberanian serta profesionalitas lah yang ia junjung tinggi. Nah patut kamu tiru banget ini nih.

3. Visioner dan Fokus

Visioner adalah pemikiran tentang apa yang menjadi tujuan ke depan atau masa depan. Ini memang sangat melekat dalam diri BJ Habibie. Ini gaboleh ketingggalan kamu petik sebagai inspirasi dalam hidp kamu guys.

Dengan pandangan visioner itu tadi dan fokus pada bidang teknologi, BJ Habibie  lebih memilih untuk mengembangkan dan membangun teknologi yang ada di Indonesia.

Baca juga: BJ Habibie Tutup Usia, Ini 5 Fakta Membanggakan Bapak Demokrasi Indonesia

4. Disiplin

Untuk diketahui Habibie bisa menghabiskan waktu 7,5 jam dalam sehari untuk membaca dan menulis. Kita sesama manusia tentu memiliki waktu yang sama dalam sehari yakni 24 jam. Nah dari pada kamu menghabiskan waktu yang sia-sia kan lebih baik kamu ikuti apa yang Habibie lakukan guys.

5. Tekad yang bulat

Sejak kecil suami dari Ainun Habibie ini sudah menunjukan ketertarikan amat sangat kuat pada pesawat. Dari ketertarikan tersebut lah menjadi sebuah kecintaan yang harus diperjuangkan, beliau kuliah di ITB dan mengambil jurusan teknik mesin lalu kemudian meneruskan kuliah di Jerman hingga S3 dengan biaya dari orangtua.

Nah buat kamu tekadnya perllu ditiru guys bukan ambisius tapi memang tekad dibalut dengan kecintaan akan menghasilkan apa yang kita cita-citakan akan tercapai.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Bagaskara Isdiansyah
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: