Pantau Flash
Sani Rizki: Insya Allah Kami Bisa Menjadi Juara
Menteri PUPR: Proyek Tol JORR II Rampung 2020
Jokowi Akan Undang Kapolri Senin Pekan Depan Tanya Kasus Novel
Menteri Tjahjo Ingin ASN Tetap Kerja 5 Hari dalam Seminggu
Basuki Akui Pembangunan Tol Kunciran-Serpong Sempat Terhenti 10 Tahun

5 Potret Menakjubkan Fenomena di Luar Angkasa Ini Bikin Berdecak Kagum

5 Potret Menakjubkan Fenomena di Luar Angkasa Ini Bikin Berdecak Kagum Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Luar angkasa masih memiliki yang tak dapat dipecahkan oleh manusia, saking luasnya, manusia dengan kecanggihan teknologinya saat ini disebut tidak akan mampu menjelajahi seluruh alam semesta. 

Melihat bintang-bintang di angkasa pada zaman dahulu hanya bisa ditatap pada malam hari ketika cuaca di langit cerah. Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi, manusia kini dapat melihat penampakan bumi dari luar angksa bahkan mengabadikan fenomena menakjubkan di antariksa.

Berikut 5 potret menakjubkan fenomena yang terjadi di luar angkasa yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lubang Hitam


Potret pertama lubang hitam yang berhasil diabadikan. (Foto: Event Horizon Telescope)

Selama ini, lubang hitam di luar angkasa atau black hole hanya berupa citra rekaan, bukan gambar yang sebenarnya. Kini untuk pertama kalinya para ilmuwan berhasil memotret pusat galaksi tersebut.

Gambar pertama lubang hitam yang pernah dibuat, diambil oleh Event Horizon Telescope (Teleskop Horizon Peristiwa) pada 10 April 2019 dan diamati di pusat Messier 87 di gugus galaksi Virgo, yang "bertetangga" dengan galaksi Bima Sakti. 

Teleskop ini dirancang khusus untuk menangkap gambar lubang hitam, melalui susunan delapan teleskop radio berbasis darat berskala planet di seluruh dunia.

Lokasi black hole ini berada 55 juta tahun cahaya dari Bumi dan diketahui memiliki massa 6,5 miliar kali lebih berat dari Matahari.

Baca juga: Infografis 5 Benda-benda Aneh yang Pernah Dikirim ke Luar Angkasa

2. Kawah Hale


Kawah Hale. (Foto: NASA)

Gambar Kawah Hale diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA. Ilmuwan melaporkan pada 28 September 2015, bahwa garis-garis sempit pada lerengnya mungkin dibentuk oleh air garam. Lereng Kawah Hale ini terkadang muncul di lereng di Mars yang disebut recurring slope linear (RSL) di sekitar kawah pada saat cuaca hangat. 

3. Orion


Nebula Orion. (Foto: ESO/G. Beccari/EPA)

Diabadikan pada 27 Juli 2017 oleh OmegaCAM, kamera optik wide-field pada Teleskop Survei VLT milik Observatorium Selatan Eropa, gambar ini menunjukkan Nebula Orion dan gugus bintang muda terkait dengan detail luar biasa. Orion adalah salah satu pembibitan bintang terdekat, pada jarak sekitar 1.350 tahun cahaya.

Nebula Orion dikenal juga dengan Messier 42 atau M42 atau NGC 1976 adalah nebula memanjang yang terletak di selatan Sabuk Orion pada rasi bintang Orion. Objek ini merupakan salah satu nebula yang paling terang, dan dapat dilihat menggunakan mata telanjang. 

Baca juga: Banyak yang Salah Kaprah, Ini Deretan Fakta Mengejutkan Ruang Angkasa

4. Black Hole


Lubang hitam super besar di pusat galaksi bernama MCG-6-30-15. (Foto: ESA)

Foto ESA yang dirilis pada 25 Oktober 2001 ini menunjukkan lubang hitam super besar di pusat galaksi bernama MCG-6-30-15 sebagaimana terlihat melalui satelit X-ray Multi-Mirror Mission (XMM-Newton). Dengan jenis pencitraan ini, ilmuwan untuk pertama kalinya melihat energi diekstrak dari sebuah lubang hitam.

5. Jupiter


Jupiter. (Foto: NASA)

Planet Jupiter merupakan planet terbesar di Tata Surya. Jupiter merupakan raksasa gas dengan massa seperseribu massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya.

Gambar menangkap formasi awan berputar di sekitar kutub selatan Jupiter, menghadap ke arah wilayah ekuator. Pesawat ruang angkasa Juno milik NASA mengambil gambar dengan peningkatan warna selama terbang mendekati planet raksasa gas untuk yang ke-11 kalinya pada 7 Februari 2018.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: