Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

5 Tempat Terpanas di Dunia Ini Punya Suhu Ekstrem hingga 70 Derajat Celcius

5 Tempat Terpanas di Dunia Ini Punya Suhu Ekstrem hingga 70 Derajat Celcius Death Valley di California. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jerman, Belanda, dan Belgia, serta wilayah Eropa lainnya telah mencatat rekor baru dengan suhu tertinggi akibat gelombang panas pada akhir bulan Juli lalu.

Suhu ekstrem yang disebabkan gelombang panas telah membuat bulan Juni sebagai bulan terpanas di Eropa. Para ilmuan mengatakan, krisis iklim membuat gelombang panas lima kali lebih tinggi dan secara signifikan lebih intens.

Gelombang panas memakan banyak korban jiwa. Berbeda dengan Eropa yang dilanda gelombang panas tahunan, beberapa tempat di bumi justru telah memiliki suhu ekstrem sepanjang tahunnya. 

Berikut 5 tempat terpanas di bumi yang dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber:

Baca juga: Indonesia Bakal Pindah Ibu Kota? Ini 5 Negara yang Sudah Lebih Dulu

1. Dasht-e Lut atau Gurun Lut, Iran

Gurun Lut di Iran. (Foto: Flickr)

Gurun Lut Iran adalah gurun garam besar di Provinsi Kerman, Iran dan merupakan gurun terluas ke-25 di dunia. Dalam jurnal American Meteorological Society pada tahun 2011, Gurun garam ini juga meyandang status permukaan terpanas di dunia menurut citra satelit yang menggunakan data infamerah. 

Pengukuran yang dilakukan antara tahun 2003 dan 2009 menemukan bahwa Gurun Lut ini memiliki suhu maksimum hingga 70.7C (158.0F), dan hal ini menjadikannya sebagai tempat terkering dan terpanas di dunia. 

Letaknya yang berada di sabuk gurun Afro-Asian membuat wilayah ini memiliki suhu yang sangat ekstrem. Gurun Lut terekam memiliki suhu terpanas pada tahun 2004, 2005, 2006, 2007, dan 2009.

Wilayah Gurun Lut hanya ada hamparan pasir las tanpa ada tanaman yang bisa hidup, bahkan kaktus sekali pun.

2. El Azizia, Libya

Satu keluarga terlihat di gurun di El Azizia. (Foto: Flickr)

El Azizia atau Al 'Aziziyah adalah salah satu kotamadya di Libya, yang terletak di selatan Tripoli, diklaim menjadi tempat kedua terpanas di muka bumi pada tahun 2012. 

Suhu tertinggi pernah tercatat di wilayah ini mencapai 58.0C (136.4F) pada tahun 1922, namun gelar itu divabut pada 2012. 

Rekor itu bertahan hingga 90 tahun, WMO menyatakan bahwa angka itu tidak valid. Meski demikian, tempat ini memang menjadi salah satu tempat terpanas di bumi.

3. Death Valley, California, Amerika Serikat

Death Valley di California. (Foto: Pixabay)

Death Valley adalah padang pasir yang terletak di negara bagian California. Death Valley, California saat ini memegang rekor untuk suhu udara terpanas yang pernah tercatat, dengan 56.7 C (134.0 F), pada 10 Juli 1913. 

Selama musim panas, suhu rata-rata mencapai 47C (116.0F), dan merupakan tempat paling kering di Amerika Serikat. The Guinness World Records mencatatnya sebagai tempat terpanas di Bumi.

Untuk diketahui, Death Valley di California ini terkenal sebagai tempat percobaan bom atom pertama pada tahun 1945. 

Baca juga: 6 Foto Hujan Meteor Perseid Paling Indah dari Berbagai Belahan Dunia

4. Queensland

Jalanan di sebuah desa di Queensland. (Foto: Pixabay)

Tempat terpanas keempat di bumi datang dari daratan Australia, yakni Queensland. Wilayah ini merupakan tempat dengan iklim estrem yang ada di Australia karena sebagian besar wilayahnya adalah padang pasir.

Menurut pencitraan NASA, negara bagian Queensland adalah tempat terpanas di Bumi pada tahun 2003, ketika rekor tertinggi 69.3C (156.7F). Meski suhunya sangat ekstrem wilayah ini masih memiliki pohon hijau yang tumbuh subur di tengah kekeringan.

5. Flaming Mountains, China

Flaming Mountains di China. (Foto: Flickr)

Pegunungan Flaming atau dikenal sebagai pegunungan Gaochang memiliki wilayah yang tandus, terkikis, dengan perbukitan batuan merah di Tian Shan, yang merupakan bagian dari Xinjiang. 

Pada tahun 2008, suhu tertinggi di Bumi, 66.8 C (152.2 F), tercatat di Pegunungan Flaming . Di musim panas, ketika arus udara panas naik dari gunung, pegunungan ini sering disebut seperti naga merah terbang yang memicu kebakaran.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional