Pantau Flash
Selamat Tinggal.... Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Stop Operasi
Ketua MPR: UU Buatan DPR dan Pemerintah Banyak yang Salahi UUD 1945
Bom Bunuh Diri Terjadi di Ibu Kota Afghanistan, 63 Orang Tewas
Pratu Sirwandi, Prajurit TNI Korban Penembakan KKSB di Papua Gugur
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014

6 Foto Hujan Meteor Perseid Paling Indah dari Berbagai Belahan Dunia

6 Foto Hujan Meteor Perseid Paling Indah dari Berbagai Belahan Dunia Long exposure menunjukkan bintang di belakang sebuah pohon selama hujan meteor Perseid tahunan di dekat Kota Mitzpe Ramon, Israel bagian selatan. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

Pantau.com - Hujan meteor Perseid kembali menghiasi langit sejak 12 hingga 13 Augustus pada malam hari. Fenomena tahunan ini terjadi dan kerap dikaitkan dengan komet Swift-Turttle. 

Hujan meteor Perseid disebabkan oleh sisa-sisa debu komet Swift-Tuttle. Komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1862 dan mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Dinamakan Perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

Radar meteor mendeteksi jejak ionisasi di atmosfer pada ketinggian sekitar 70 - 110 km. Jejak ionisasi berasal dari debu-debu yang terbakar yang tampak seperti bintang yang melesat. Banyak masyarakat di berbagai belahan dunia mengabadikan fenomena tahunan ini. Berikut deretan foto yang menampilkan keindahan hujan meteor Perseid dari berbagai tempat di dunia.

Baca juga: Banyak yang Salah Kaprah, Ini Deretan Fakta Mengejutkan Ruang Angkasa

1. Colorado

Hujan meteor di Colorado. (Foto: Instagram/Lars Leber Photography)

Foto hujan meteor Perseid ini diambil dan diunggah oleh akun Instagram @larsleberphotography di Colorado Springs, Colorado.

"Hujan meteor Perseid di atas puncak Pikes. Bukan tidak membuatnya mudah pada pagi ini, tapi saya senang telah mengabadikan hujan meteor. Hanya mengambil sekitar 15.000 foto."

2. Kepulauan Canary


Hujan meteor di Spanyol. (Foto: Instagram/Abián San Gil)

Foto hujan meteor Perseid ini diambil dan diunggah oleh akun Instagram @abiansangil di Fuencaliente De La Palma, Canarias, Spain.

"Bintang Prseid jatuh dari Tengeguia Volcano di La Palma (Kepulauan Canary)."

3. Sonora


Hujan meteor di Sonora. (Foto: Instagram/Sergio Müller)

Foto hujan meteor Perseid ini diambil dan diunggah oleh akun Instagram @mullermx di Hermosillo, Sonora. Dalam unggahannya, ia menuliskan pesan "Perseid 2019". 

Baca juga: Cincin Hilang hingga Kehidupan Asing, Ini 5 Fakta Tentang Planet Saturnus

4. Chinook Pass

 

Hujan meteor. (Foto: Instagram/Kirk Mattila)

Foto hujan meteor Perseid ini diambil dan diunggah oleh akun Instagram @7b_kirk di Chinook Pass

"Saya tidak pernah berniat untuk melihat hujan meteor Perseid sebelumnya. Tapi pagi ini, Perseid berada di agenda saya. Bulan hampir purnama 04.00 pagi tadi. Sekitar satu jam saya melihat hujan meteor. Saya mengambil ini setelah sebagian besar bintang terhalang oleh fajar". 

5. Bosnia


Hujan meteor di Bosnia. (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Sebuah meteor di langit berbintang jatuh di atas batun nisan abad pertengahan selama hujan meteor Perseid di Radimlka, dekat Stolac, Bosnia. 

6. Israel


Hujan meteor di Israel. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

Long exposure menunjukkan bintang di belakang sebuah pohon selama hujan meteor Perseid tahunan di dekat Kota Mitzpe Ramon, Israel bagian selatan. 

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional