Pantau Flash
Resmi! Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024
Marquez Juara GP Jepang, Honda Raih Gelar Konstruktor MotoGP 2019
Presiden Jokowi Janji Umumkan Nama Menteri Kabinetnya Besok
Jelang Pelantikan Presiden, Bus Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute
TNI-Polri Kerahkan Armada Udara Pantau Situasi Pelantikan Presiden

6 Pemain Bola Dunia Tajir, tapi Bernasib Nahas! Ada yang Main di Indonesia

6 Pemain Bola Dunia Tajir, tapi Bernasib Nahas! Ada yang Main di Indonesia Ilustrasi bangkrut. (Foto: Pike Picture)

Pantau.com - Menjadi pesepakbola profesional merupakan cita-cita banyak orang karena bisa mendapatkan gaji besar dan juga ketenaran. Belum lagi, jika pemain itu memiliki skill dan paras yang rupawan, ini berpeluang menjadi bintang iklan.

Ya, meski mendapatkan pendapatan besar, pesepakbola harus pintar mengelola keuangannya. Karena dari beberapa kasus, ada lho pesepakbola yang dulu bergaji besar kini bangkrut.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi, yakni gaya hidup yang tinggi. Dasarnya, siapa yang tidak mau hidup mewah ketika memiliki harta berlimpah.

Berikut Pantau.com mengorek pesepakbola yang sempat bergelimang harta hingga akhirnya bangkrut dari berbagai sumber.
1. David James

David James. (Foto: Daily Express)

Mantan kiper Timnas Inggris ini harus menelan pil pahit. Ia sempat memiliki harta sebesar Rp382 miliar dari karir sepakbola. Namun, mantan pemain Liverpool ini harus mengalami kebangkrutan pada 2014. Masalah utamanya adalah hutang. Berawal dari perceraian James dengan sang istri, Tanya. 

Saking kehabisan uang, James harus rela menjual barang berharga yang ia miliki. Lebih menyedihkannya lagi, ia sampai harus menjual sarung tangan kipernya demi menyambung hidup.

2. John Arne Riise

Riise. (Foto: Daily Express)

Pada era keemasannya, Riise dikenal sebagai pemain belakang Liverpool yang paling ditakuti lawan karena memiliki sepakkan keras. Tercatat, sudah 339 penampilan bersama Liverpool, 132 bersama AS Roma, dan 116 penampilan bersama Timnas Norwegia.

Ketika berkarir sebagai pesepakbola, Riise memiliki upah Rp7,6 miliar perminggu. Seharusnya jumlah yang lebih dari cukup untuk hidup sejahtera. Sayangnya, pada tahun 2007 Riise dinyatakan bangkrut. Kabarnya ia terlilit hutang dan pernah tertipu sebesar Rp57 miliar.

Baca juga: Ketika Air Mata Cristiano Ronaldo Mengucur Deras

3. Brad Friedel

Friedel. (Foto: Istimewa)

Kiper berkebangsaan Amerika Serikat ini paling terkenal di Premier League. Ia bahkan menerima upah lebih dari Rp7,6 miliar per pekan. 

Sayang, sejak 2011 Friedel harus mengalami kebangkrutan. Di kampung halamannya, ia memiliki sebuah akademi sepakbola. Ia membangun akademi tersebut dari uang hasil pinjaman yang pada akhrinya tidak mampu dibayar.

Diperkirakan Brad memiliki hutang mencapai Rp95 miliar. Bahkan ia harus kehilangan rumah senilai Rp4,9 miliar karena disita oleh bank.

4. Celestine Babayaro

Babayaro ketika membela Chelsea. (Foto: Sportskeeda)

Babayaro merupakan pemain asal Nigeria yang pernah berkarir bersama Newcastle United dan Chelsea. Namun, siapa sangka Babayaro merasakan kebangkrutan.

Padahal ia sempat memiliki pendapatan Rp477 juta selama berkarir. Pada tahun 2011 pemain yang berposisi gelandang ini dinyatakan bangkrut. Bahkan, saking bangkrutnya, ia tidak mampu membeli mesin pemotong rumput untuk rumahnya.

Baca juga: Pesepakbola Mirip Stand Up Komedian Indonesia, Ada 2 Pemain Real Madrid

5. Ronaldinho

Ronaldinho. (Foto: AP)

Sosok legendaris asal Brasil, Ronaldinho sempat terjerat masalah finansial. Ronaldinho dikabarkan bangkrut dan hanya memiliki 5 poundsterling atau sekitar 92 ribu rupiah di rekening banknya.

Tak cuma itu, Ronaldinho juga dikabarkan menanggung hutang sekitar 1,75 juta pounds atau setara 32,3 miliar rupiah. Mantan pemain Barcelona dan AC Milan itu bangkrut karena harus membayar denda karena membangun properti secara ilegal di kawasan yang dilindungi pemerintah Brasil.

Meski berusaha membayar dengan menjual propertinya, hal tersebut masih belum menutupi hutangnya dan hakimpun memerintah menahan passport Ronaldinho agar tidak kabur ke luar negeri.
6. Erick Djemba-Djemba

Djemba-Djemba. (Foto: Yahoo)

Pemain asal Kamerun ini pernah tampil bersama raksasa Premier League, Manchester United pada 2003. Bahkan, ia disebut-sebut sama jagonya dengan legenda Setan Merah, Paul Scholes dan Ryan Giggs.

Sayangnya, Djemba-Djemba tidak bisa merencanakan keuangan dengan baik. Hidup mewahnya meliputi beberapa empat koleksi mobil mewah, ia juga memiliki 30 rekening dari bank yang berbeda.

Nahasnya, pada tahun 2007 Djemba-Djemba dinyatakan bangkrut. Namun, ia masih memiliki asa mengais rezeki di Indonesia kala itu dengan memperkuat Persebaya Surabaya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: