Pantau Flash
Ma'ruf Amin Minta Menag Sempurnakan Lagi PMA Majelis Taklim
5 Klub Perebutkan 2 Tiket Sisa ke 16 Besar Liga Champions
Patung Bung Karno Diresmikan di Stasiun Blitar
Hati-hati! KM 40-86 Tol Cipali Rawan Kecelakaan
Dana Program Keluarga Harapan Tetap Dicairkan Kemenkeu Awal 2020

7 Manfaat Buah Pepaya, Salah Satunya Bisa Cegah Penyakit Jantung Lho

7 Manfaat Buah Pepaya, Salah Satunya Bisa Cegah Penyakit Jantung Lho Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita seringkali dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang kaya akan nutrisi untuk menunjang hidup yang sehat. Banyak buah maupun sayuran yang kini diolah dengan berbagai cara agar masyarakat mau mengonsumsi buah.

Salah satunya adalah pepaya. Banyaknya manfaat kesehatan dari pepaya membuat buah ini banyak diolah dengan berbagai macam cara. Sebelumnya, mari kita bahas apa saja manfaat yang didapat dari buah pepaya yang dilansir dari Boldsky.

Baca juga: Jaga Kesehatan Otak Kamu dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi Ini 


Ilustrasi (Pixabay)

1. Meningkatkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya menjadikannya salah satu buah terbaik untuk meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Mengkonsumsi satu porsi pepaya dapat memenuhi kebutuhan harian Anda akan asupan serat yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan baik. Mengonsumsi sepotong pepaya juga akan mendetoksifikasi sistem pencernaan dan mempertahankan buang air besar secara teratur.

2. Mengurangi Peradangan

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek anti-inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti rheumatoid arthritis, asam urat, edema, dan lainnya.

3. Memberikan Nutrisi Penting

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti kalium, tembaga, dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mendukung Pencernaan Protein

Tahukah Anda salah satu manfaat mengonsumsi pepaya setiap hari adalah meningkatkan pencernaan protein? Enzim papain mendukung pemecahan protein tanpa mengubah flora bakteri yang membantu melindungi usus Anda.

Ilustrasi (Pixabay)

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Asupan Magnesium yang Cukup

5. Menyediakan Vitamin A dalam Jumlah Yang Baik

Pepaya dikenal untuk meningkatkan kesehatan visual karena kehadiran vitamin A. Ini adalah antioksidan yang melindungi penglihatan dan membantu mencegah kondisi mata tertentu seperti katarak dan degenerasi makula. Anda dapat menggandakan asupan pepaya menjadi tiga porsi sehari untuk meningkatkan kesehatan visual Anda.

6. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah pepaya mengandung sejumlah besar vitamin A dan vitamin C. Ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengkonsumsi pepaya secara teratur akan membantu menciptakan penghalang pelindung terhadap bakteri dan virus yang menyebabkan pilek, flu, dan infeksi pernapasan lainnya.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat kesehatan pepaya adalah memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Ini karena kandungan serat, kalium, dan vitamin yang menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan potasium diketahui mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengonsumsi sepotong pepaya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: