Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

7 Manfaat dari Minyak Zaitun, Salah Satunya Bisa Bikin Mood Bagus Lho

7 Manfaat dari Minyak Zaitun, Salah Satunya Bisa Bikin Mood Bagus Lho Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Minyak zaitun atau dikenal sebagai Olea europaea telah digunakan sejak zaman kuno. Namun, manfaatnya untuk kesehatan baru ramai sejak beberapa tahun yang lalu. Minyak yang diekstrasi dari buah zaitun ini sekarang banyak ditemukan di gerai toko-toko di pasar.

Tak hanya untuk bahan bumbu dapur, minyak zaitu juga meluas untuk digunakan sebagai terapeutik hingga dalam industri kosmetik. Ada sejumlah alasan mengapa minyak zaitun kini berperan besar untuk kesehatan maupun kecantikan, berikut ragam manfaatnya dilansir dari Boldsky.

Baca juga: 5 Makanan yang Dipercaya Ampuh Meningkatkan Gairah Seksual 


Ilustrasi (Pixabay)

1. Kesehatan Jantung

Studi terbaru menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat memperlambat penuaan jantung. Ini meningkatkan fungsi arteri dengan membantu sirkulasi, mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah dan mengurangi kemungkinan dan risiko stroke. Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3, yang meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Pencegahan Kanker

Penggunaan minyak zaitun dalam makanan Anda dapat mencegah kanker. Ini mengurangi pertumbuhan kanker dalam tubuh dan ditemukan menjadi agen pencegahan, terutama untuk kanker usus besar dan payudara. Hal ini juga dicatat untuk memberikan perlawanan terhadap kanker usus besar.

3. Meningkatkan Memori dan Mood

Minyak zaitun bertindak sebagai antidepresan dan dikatakan dapat meningkatkan tingkat Serotonin. Serotonin, juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengobati depresi. Asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ditemukan dalam minyak meningkatkan memori dan menyebabkan fungsi otak yang sehat. Itu juga mencegah penyakit Alzheimer.

Baca juga: Menilik 5 Manfaat yang Didapat dari Buah Nanas 


Ilustrasi (Pixabay)

4. Menurunkan Diabetes

Minyak zaitun dapat membantu mengontrol kadar gula, menurut penelitian yang dilakukan pada beberapa tahun terakhir. Penggunaan minyak zaitun terbukti efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Anti-Peradangan Alami

Minyak zaitun digunakan untuk menghilangkan rasa sakit karena sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam minyak. Ini memberikan bantuan dari peradangan, di antaranya peradangan sendi, kekakuan, dan rasa sakit. Penggunaan minyak zaitun bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada radang sendi.

6. Anti-bakteri dan Anti-mikroba

Minyak zaitun digunakan untuk mengobati sejumlah infeksi jamur dan bakteri. Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Oleuropein yang ditemukan dalam minyak bertindak sebagai agen antibakteri, antijamur dan antivirus. Minyak zaitun juga berguna dalam menyembuhkan infeksi jamur

7. Kesehatan Kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang melembabkan, merevitalisasi, dan menyehatkan kulit. Ini mengurangi keriput, melawan penuaan, dan membantu meringankan bekas luka dan jerawat. Ini meremajakan kulit, membuatnya lembut, kenyal dan bercahaya. Minyak zaitun ini juga digunakan untuk merawat bibir kering dan tumit pecah-pecah, serta meningkatkan kesehatan kuku. Tak hanya itu, minyak zaitun juga digunakan sebagai pembersih make-up dan serum pembersih.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: