Pantau Flash
Fuad Rizal Resmi Gantikan Ari Askhara Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia
Kisruh Jiwasraya, DPR: Mudah-mudahan Cepat Selasai
KPK Bisa Turun Tangan Usut Penyelundupan Harley di Garuda Indonesia
Indra Sjafri Siapkan Skema Adu Penalti Lawan Myanmar
Tok! Kemenhub Jatuhkan Denda ke Garuda Indonesia

7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia

7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jamur merupakan salah satu makanan populer yang dengan mudah ditemukan di berbagai olahan makanan, seperti sup, salad, atau tumisan. Jamur juga terkenal dengan teksturnya yang kenyal seperti daging.

Ada berbagai jenis jamur, seperti jamur tiram, jamur kancing dan sebagainy. Jamur adalah sayuran yang rendah kalori dan sumber vitamin B yang baik. Jamur juga sangat baik untuk kesehatan Anda karena memiliki banyak khasiat obat. Apa saja manfaatnya? Berikut dilansir dari Boldsky.

Baca juga: Siapa Sangka? Daun Bawang Ternyata Punya 8 Manfaat Ini 


Ilustrasi (Pixabay)

1. Meningkatkan kesehatan jantung 

Jamur menjaga kolesterol tetap terkendali yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.  Mereka juga mengandung serat makanan larut yang dikenal sebagai beta-glukan yang telah dikaitkan untuk menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), serta membantu mengatur gula darah juga. 

Tingginya kadar kolesterol jahat menyebabkan aterosklerosis yang berarti peningkatan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.  Selain itu, kehadiran kalium dan vitamin C dalam jamur berkontribusi terhadap kesehatan jantung, sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

2. Meningkatkan kesehatan tulang 

Jamur mengandung kalsium, vitamin D, tembaga, dan fosfor dalam jumlah yang baik yang sangat penting untuk mempertahankan tulang yang kuat.  Setiap mineral memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dengan menjaga tulang agar tidak rapuh.  Ketika jamur ditanam di luar ruangan, konsentrasi vitamin D meningkat. 

Konsumsi jamur akan memberi Anda vitamin A, kalsium, tembaga, dan fosfor dalam jumlah yang layak. Selain itu, mengonsumsi jamur secara teratur juga dapat mengurangi kemungkinan osteoporosis, nyeri sendi, dan gangguan lain yang berkaitan dengan degenerasi tulang.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Ergothioneine atau antioksidan kuat yang ada dalam jamur efektif dalam memberantas radikal bebas, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.  Jamur mengandung selenium yang melawan infeksi dengan merangsang produksi sel T pembunuh dan beta-glukan yang ditemukan di dinding sel jamur melawan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor. 

Jamur juga mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang kuat untuk melindungi sel-sel manusia dari bakteri dan jamur berbahaya.

4. Mencegah diabetes 

Menurut para peneliti dari Pennsylvania State University, mengkonsumsi jamur dapat memengaruhi glukosa dan mengatur kadar gula darah.  Jamur adalah sumber beta-glukan, serat makanan larut yang membantu menjaga kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, menjadikannya makanan super bagi penderita diabetes.

Ilustrasi (Pixabay)

Baca juga: Terungkap, Ini 5 Mitos Tentang Frozen Food yang Tidak Benar

5. Membantu menurunkan berat badan 

Manfaat lain dari jamur adalah membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan padat nutrisi.  Serat makanan yang ditemukan di dinding sel jamur membantu meningkatkan pencernaan dan mempercepat metabolisme. 

Ini meningkatkan rasa kenyang dan membuat kenyang lebih lama.  Jamur adalah makanan yang ideal untuk diet karena rendah lemak atau karbohidrat yang akan membuatnya menjadi makanan yang hebat untuk menurunkan berat badan.

6. Mencegah anemia

Jamur putih mengandung tembaga yang dapat mengatur dan merangsang penyerapan zat besi dari makanan yang Anda makan.  Jamur juga kaya akan zat besi, sehingga kedua mineral tersebut bekerja bersama dalam produksi sel darah merah dan mencegah anemia.  Kekurangan zat besi menyebabkan anemia yang ditandai dengan kelelahan ekstrem, sakit kepala, dll.

7. Menurunkan tekanan darah 

Jamur merupakan sumber kalium yang kaya yang bertindak sebagai vasodilator.  Ini meredakan ketegangan di pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.  Asupan natrium yang berlebih mengurangi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air.  Jadi, dengan mengonsumsi jamur, kadar potasium Anda meningkat dan membantu mengembalikan keseimbangan halus ketika jantung, otot, saraf, dan ginjal berfungsi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: