Forgot Password Register

Afghanistan Bentuk Dewan Penasihat untuk Perdamaian

Afghanistan Bentuk Dewan Penasihat untuk Perdamaian Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani. (Foto: Reuters/Mohammad Ismail)

Pantau.com - Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani pada Minggu (18 November 2018) mengumumkan pembentukan Dewan Penasihat dalam upaya melanjutkan proses perdamaian.

Dalam sebuah pertemuan di Istana Presiden, Arg, Presiden Afghanistan menegaskan kembali bahwa dewan penasehat akan bersifat inklusif dan akan memberi saran kepada pemerintah mengenai isu-isu penting nasional, termasuk perdamaian.

Ghani secara terpisah berbicara tentang dewan tersebut dengan pemimpin Partai Hezb-e-Islami Gulbuddin Hekmatyar, pemimpin Partai Jamiat-e-Islami Atta Mohammad Noor, Salahuddin Rabbani, dan mantan pemimpin Jehadi Abdul Rab Rasul Sayaf Ismail Khan, serta Wakil Presiden Abdul Rasheed Dostum dalam pertemuan luar biasa pekan lalu.

Baca juga: 5.000 Keluarga Mengungsi Akibat Bentrokan di Afghanistan

Pembicaraan tersebut sejalan dengan utusan AS Zalmay Khalilzad bagi pemerintah Afghanistan dan Taliban untuk membentuk tim guna membicarakan perdamaian. 

Seperti dilansir Anadolu, Senin (19/11/2018), Khalilzad kembali ke Kabul pada Minggu setelah menghabiskan tiga hari di Qatar untuk berdiskusi dengan perwakilan kantor politik Taliban di sana.

Khalilzad menyatakan harapannya untuk mencapai kesepakatan damai menjelang pemilihan presiden yang di jadwalkan April mendatang.

Baca juga: Pos Pemeriksaan Polisi di Afghanistan Diserang Bom Bunuh Diri

Share :
Komentar :

Terkait

Read More