Forgot Password Register

Badai Michael Mengancam Wilayah Florida Usai Porakporandakan Amerika Tengah

Badai Michael Mengancam Wilayah Florida Usai Porakporandakan Amerika Tengah Ilustrasi badai. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pusat Badai Amerika mengatakan, badai tengah bergerak ke utara Semenanjung Yucatan di Meksiko dan Barat Kuba dengan kecepatan hingga 80 mph (130 kph).

Melansir Reuters, Selasa (9/10/2018), saat ini badai Michael digolongkan sebagai badai Kategori 1 pada lima langkah Saffir-Simpson skala angin dan bisa tumbuh menjadi Kategori 3.

Baca juga: 29 Orang Tewas Akibat Serangan Badai Florence di AS, Korban Jiwa Diperkirakan Bisa Bertambah

Hujan lebat serta banjir selama akhir pekan menyebabkan kematian 13 orang di Amerika tengah setelah Badai Michael terbentuk di lepas pantai utara Honduras.

Pusat Badai Nasional (NHC) melaporkan, badai diduga akan berada di pesisir Florida Panhandle dengan ketinggian 12 kaki yang disertai dengan hujan lebat.

Baca juga: Topan Trami Hantam Jepang Barat, 1 Orang Tewas

NHC memperingatkan penduduk Florida untuk bersiap menghadapi badai Michael dan mewajibkan evakuasi kepada penduduk yang berada di area badai tersebut. Di Florida, kantor, sekolah, dan universitas ditutup hingga akhir minggu ini. Beberapa penduduk tepi pantai yang tersisa memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Saya belum membuat keputusan untuk pergi, namun saya tau beberapa pekerja disini telah mengungsi," ucap Dave Trepanier, Pemilik Firefly di Bay County.

Garis peringatan telah dipasang di kota Panama, yang menunjukan bahwa penduduk sekitar wajib untuk dievakuasi kata Trepanier.

Badai Michael akan menjadi badai besar yang telah meluluhlantahkan Pandhandle sejak badai Dennis pada tahun 2005 lalu di Pensacola. Setelah menghancurkan Florida, Michael diprediksikan akan pindah ke Pantai Timur pada Rabu dan Kamis melalu Carolina, wilayah yang belum pulih karena badai Florence bulan lalu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More