Forgot Password Register

Begini Hitungan Bisnis Racun Kobra yang Menggiurkan

Begini Hitungan Bisnis Racun Kobra yang Menggiurkan Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Saat ini kasus orang yang meninggal akibat gigitan ular berbisa korba semakin santer diberitan. Namun rupanya ada beberapa pengusaha yang justu bergulat dengan bisnis bisa yang bisa membunuh ini. Sama halnya dengan racun kalajengking yang dulu sempat viral gara-gara statement Presiden yang menyatakan mahalnya harga racun kalajengking itu. 

Namun, jika kita menelisik lebih jauh, semua yang ada di ular kobra bisa dimafaatkan. Kulitnya sebagai bahan pembuatan tas, sepatu, dompet, dan lainnya. 

Sedang empedunya bisa diolah juga untuk dijadikan beberapa obat. Sebagian besar ular kobra juga diekspor ke luar negeri seperti misalnya ke Taiwan dan Hong Kong. Memang daya beli masyarakat di Indonesia akan ular kobra bisa dibilang lebih sedikit. Tapi justru dengan ular kobra ini lah banyak pebisnis yang meraih banyak keuntungan karena mampu menembus pasar ekspor.

Baca juga: Biar Tak Salah Order, Ayo Kenali Bedanya Barang Original, OEM dan KW

Dari beberapa sumber, tim Pantau.com merangkum berapa modal dan keuntungan jika ternak ular kobra.

1. Ular kobra dapat dipelihara selama 90 hari atau 3 bulan

Tapi sayangnya jika peternak tidak dikelola dengan baik justru bisa membuat para pebisnis mengalami kebangkrutan. Maka perlunya sebuah perkiraan sebelumnya. Perkiraan di sini bukan melulu harus tepat angkanya, tapi setidaknya sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Dikutip dari analisa usaha, harga satu ekor ular kobra induk jantan dan betina sekitar Rp600.000 per ekor X 2 jadi Rp1.200.000. Kandang berukuran 3x2 meter harus berdinding kuat, beratap kuat, dan beralas halus seharga Rp 3.000.000,00. Ruang inkubasi dengan harga Rp 2.000.000, kemudian media telur dan peralatan lainnya Rp 1.500.000. Makanan ular hanya beberapa minggu sekali katakan lah Rp 2.000.000. Total dari modal usaha ternak ular ialah Rp 9.700.000 selama 3 bulan atau 90 hari sudah bisa dipanen. 


Ilustrasi ular kobra (foto:Pixabay)

Baca juga: Tak Kuat Bersaing, Deretan Media Cetak Ini Move on ke Media Online

2. Keuntungan yang Didapat

Sepasang ular kobra bisa menghasilkan 10 telur hingga 100 telur. Jika dirawat dengan baik dan maksimal maka akan menghasilkan keuntungan 100 ekorX100.000 = Rp10.000.000 selama 3 bulan modal Anda sudah kembali dan 3 bulan berikutnya keuntungan Anda akan bertambah lagi Rp10.000.000,00 dari 1 pasang induk jantan dan betina.

Jika anda menjadikan beberapa induk untuk dikawinkan juga tinggal mengalikan saja. Pada intinya keuntungan usaha ternak ular kobra akan dapat anda rasakan setelah 6 bulan berikutnya dan bisa bertambah berkali-kali lipat. Karena satu induk saja bisa bertelur begitu banyak. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More