Forgot Password Register

Biar Tak Salah Order, Ayo Kenali Bedanya Barang Original, OEM dan KW

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Sering kali kita mendengar istilah barang original, OEM, KW Super dan KW. Lalu apa bedanya masing-masing produk itu? Dari berbagai sumber, berikut tim Pantau.com berikan informasi tentang perbedaan kualitas;

1. Original (ORI)

Produk dengan kualitas Original adalah produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni di produksi, di seleksi, di standarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya. Membeli produk Original juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang membelinya apalagi jika merk produk tersebut cukup terkenal di dunia.

2. Original Equipment Manufacturer (OEM)

Produk OEM sering kali disamakan dengan KW padahal ini sangatlah salah dan jelas berbeda. OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan Original, lalu dimana perbedaannya? 

Jika produk Original diproduksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk Original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar. Masih bingung? Berikut sedikit gambarannya.

Baca juga: Ajang Asian Games, PLN Siapkan 100 Sirkuit Jaringan Transmisi


Nah, jika kalian membeli sesatu kemudian terdapat tulisan merek OEM maka itu bukan merek original. Misalkan Perusahaan A membuat produk bernama ANONIM, maka ANONIM dengan kualitas Original dibuat di Perusahaan A itu sendiri, dengan produksi, Quality Control, dan packaging dari perusahaan A tersebt, Suatu saat pesanan Perusahaan A begitu banyak sehingga harus mencari partner lain yaitu Perusahaan B untuk membantunya dalam melakukan produksi untuk area tertentu.

Produk ANONIM yang diproduksi pada Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meskipun begitu, produk ANONIM yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan Brand milik Perusahaan A, namun harganya lebih murah dari produk Original. Biasanya, strategi ini dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk mencukupi demand dan untuk efisiensi biaya distribusi.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More