Forgot Password Register

Bosan Sahur Pakai Nasi? Coba Resep Mashed Potato yang Tak Kalah Sehat

Mashed Potato (Foto: Pixabay) Mashed Potato (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Layaknya nasi, kentang merupakan sumber karbohidrat utama dalam sebuah makanan. Namun bagi orang Indonesia, kentang sering dijadikan sebagai lauk maupun sayur untuk disantap bersama nasi. 

Bagi kamu yang suka dengan kentang dan bosan mengolahnya dengan menggoreng, ada salah satu resep yang bisa kamu coba, yaitu mashed potatoes. Makanan ini sering dijumpai sebagai hidangan pendamping steak. Olahan kentang ini jauh lebih sehat dibanding kentang goreng yang menggunakan banyak minyak. 

Baca juga: Benarkah Makan Malam Setelah Tarawih Bikin Gemuk?

Kamu juga bisa membuatnya dirumah sebagai bahan camilan. Selain bahannya mudah didapat, proses pembuatannya juga praktis dan tidak memakan banyak waktu lama. Penasaran seperti apa, berikut resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan :

1. Kentang 500 gr

2. Mentega 2–3 sdm

3. Susu cair hangat 150 ml–200 ml

4. Telur 3 butir, ambil bagian kuningnya saja

5. Garam dan merica secukupnya

6. 30 gr keju parut

Baca juga: Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Cara membuat :

    • Kupas dan cuci kentang di bawah air mengalir hingga bersih.
    • Potong-potong kentang menjadi empat bagian agar nanti mudah ditumbuk. Rebus dalam air mendidih hingga lunak tapi jangan terlalu lembek. Kurang lebih butuh waktu 20 – 25 menit. Kentang bisa juga dikukus atau dipanggang beserta kulitnya agar kandungan airnya tidak terlalu banyak. Tusuk kentang dengan garpu untuk memastikan tingkat kematangannya.
    • Setelah lunak, tiriskan kentang. Siapkan kentang dalam wadah tersendiri. Selagi masih panas, tumbuk kentang bersama mentega hingga lembut dan tercampur sempurna.
    • Kemudian tuangkan susu cair hangat ke dalam tumbukan kentang secara perlahan. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur di dalamnya, aduk lagi hingga tercapur sempurna. Suhu kentang dan susu yang masih panas akan turut mematangkan telur. 
    • Jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya. Dan terakhir taburi parutan keju
    • Mashed potato siap dihidangkan bersama steak dan sayuran.
Share :
Komentar :

Terkait

Read More