Forgot Password Register

Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari madu. Ya, cairan manis yang terdapat pada sarang lebah ini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Didalamnya terdapat berbagai macam vitamin dan kalori yang dibutuhkan manusia.

Namun seiring dengan banyaknya permintaan, membuat sejumlah orang menawarkan atau menjual madu dengan kualitas abal-abal alias palsu di pasaran. Salah satu ciri yang mudah sekali untuk membedakan mana madu murni dan mana madu yang palsu adalah masalah warnanya. Lalu bagaimana cara lain membedakannya? Berikut penjelasannya.

1. Madu Murni Tidak Meninggalkan Endapan Dibawah Botol Dan Berbuih

Madu murni itu tidak pernah meninggalkan endapan berwarna putih seperti buih dalam botol sedikitpun walaupun disimpan dengan janggka waktu yang lumayan lama 'botol yang tertutup'. Jika kamu membeli madu murni tetapi masih ada endapan dalam botol padahal botol madu tersebut tertutup rapat, berarti bisa dipastikan madu yang kamu beli adalah madu palsu.

Baca juga: Aturan Mengkonsumsi Nanas Bagi Ibu Hamil

2. Tetesan Madu Murni Itu Tidak Terputus

Cara yang kedua yang kamu bisa gunakan untuk membedakan mana yang asli adalah dengan menyelupkan benda bersih ke dalam botol yang berisi madu, jika saat kamu angkat madu menetes secara terputus seperti tetesan air kemungkinan madu tersebut adalah madu palsu, bisa juga menuangkannya melalui botol ke wadah yang bersih sedikit demi sedikt apakah madu itu menetes atau memanjang, madu yang asli tidak putus saat dideteskan.

 3. Madu Asli Tidak Tembus Kertas

Madu memiliki molekul yang lebih besar daripada rongga-rongga kertas sehingga cara ketiga yang bisa kita gunakan adalah dengan meletakkan madu diatas kertas putih tipis, jika madu yang kamu teteskan tersebut tembus kertas ke bawah maka madu yang kamu beli kemungkinan besar palsu dan jika sebaliknya maka madu tersebut madu asli.

4. Madu Asli Akan Menggelembung Saat Dipanasi

Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan madu yang sedang kamu panaskan, jika madu menggelendung madu asli, tapi jika madu mendidih seperti halnya air maka madu tersebut adalah madu palsu atau oplosan.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan yang Baik untuk Sahur dan Buka Puasa

5. Membentuk Seperti Sarang Lebah

Cara yang terakhir adalah dengan menuangkan madu sedikit saja kedalam piring bersih dan bening, kemudian beri air putih dan goyangkan sejenak. Madu murni maka akan membentuk seperti sarang lebah, sedangkan madu palsu tercampur dengan air.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More